Kades Rappolemba Kecamatan Tompobulu, Abd Harim hadirkan mobil layanan gratis untuk masyarakatnya

Gunakan Dana Pribadi, Kades Rappolemba Hadirkan Mobil Layanan Gratis untuk Masyarakatnya

Senin, 10 Februari 2020 | 15:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Salah seorang Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Gowa yaitu Kades Rappolemba Kecamatan Tompobulu, Abd Harim melakukan pengadaan mobil menggunakan dana pribadinya.

Abd Harim mengatakan bahwa mobil tersebut sengaja ia hadirkan untuk meningkatkan layanan sosial kemasyarakatan di desanya. Ia menyebutkan bahwa mobil jenis Kijang tersebut akan melayani warganya dalam bentuk apapun selama 24 jam.

“Mobil itu saya beli dengan dana pribadi, siap dipakai kapan saja oleh warga desa yang membutuhkan. Warga tinggal hubungi pihak kami, bila mobil ada maka siap dipergunakan. Dan ini kami bebaskan biayanya,” ujar Harim.

Lanjut Harim, ia menuturkan bahwa pengadaan mobil tersebut muncul dilatarbelakangi kesulitan warga saat sakit dan membutuhkan ambulans. Kemudian muncullah ide membeli mobil bekas untuk mengangkut warga sakit dan ibu hamil yang akan melahirkan.

“Mobil pelayanan kesehatan dan keagamaan siap melayani masyarakat desa Rappolemba walau mobilnya, mobil bekas tapi Alhamdulillah bisa mengantar masyarakat yang sakit atau yang mau melahirkan supaya tidak ada lagi warga melahirkan di rumah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diingingkan,” jelas Harim.

Walaupun ia mengakui bahwa mobil layanan desanya belum ideal untuk standar kendaraan mengangkut orang sakit. Namun, dengan keterbatasan dana, harus bisa disiasati untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga. meskipun menggunakan mobil yang terbilang tua.

“Ini memang sifatnya mobil¬†emergency,¬†jadi dipergunakan sewaktu-waktu saat mendesak. Karena bagi kami, sebuah desa tidak harus identik dengan peralatan mahal, tetapi yang penting cerdas dalam memberikan pelayanan di tengah berbagai keterbatasan,” tandasnya.(*)