Ikatan Alumni (IKA) SMAN 5 Makassar menggelar kegiatan Kelas Motivasi dan Inspirasi dengan tema "Sehari Tanpa Guru", Senin (17/2/2020)

IKA SMAN 5 Makassar Berbagi Kisah Sukses Melalui Kelas Motivasi

Senin, 17 Februari 2020 | 17:41 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ikatan Alumni (IKA) SMAN 5 Makassar menggelar kegiatan Kelas Motivasi dan Inspirasi dengan tema “Sehari Tanpa Guru”. Kegiatan tersebut berlangsung di SMAN 5 Makassar selama satu hari, Senin (17/2/2020).

Ketua Umum DPP IKA SMANLI Makassar, Andi Rukman N. Karumpa (tengah), Sekjen DPP IKA SMANLI Mujiburrahman (kiri)



“Sehari tanpa guru ini kita minta masing-masing alumni yang punya background masing-masing supaya memberikan semangat, memberikan spirit kepada adek-adek sekaligus ilmu bagaimana mereka bisa mencapai mimpi,” ujar Andi Rukman N. Karumpa selaku Ketua Umum DPP IKA SMANLI Makassar.

Pembukaan Kelas Motivasi ini dipusatkan di aula sekolah dan dirangkaikan dengan pembukaan pameran seni siswa SMAN 5 (SMANLI) Makassar.

“Selain kegiatan motivasi ini, juga ada kegiatan expo lukisan, sekaligus persiapan untuk mengikuti olimpiade nasional yang akan dilakukan di tingkat Kota Makassar dulu dan ini akan kita lakukan dalam rangka penjaringan,” jelasnya.

Ikatan Alumni (IKA) SMAN 5 Makassar



Kegiatan tersebut akan diisi oleh para alumni berprestasi mulai dari amgkatan pertama, tahun 1980, hingga tahun 2015. Sebanyak 36 orang alumni akan berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada para siswa.

“Alumni yang melakukan motivasi itu kurang lebih 37 orang di tahap pertama dari 20 ribu alumni seluruh Indonesia. Nah ini tahap awal memang masih banyak yang komplain kenapa tidak diikutkan, ini langkah awal. Saya minta ini tiap tahun diadakan dan kita gilir,” ungkapnya.

Kelas Motivasi dari alumni untuk sekolah ini, diharapkan akan memberikan energi yang dapat membangkitkan kebanggaan segenap siswa melalui testimomi, berbagi pengalaman, diskusi kreatif, teladan, raih mimpi dan harapan dari alumni SMANLI Makassar.

Di samping itu, momentum Kelas Motivasi untuk siswa ini untuk meningkatkan citra dan reputasi SMAN 5 Makassar. “Sekaligus menjaga citra SMA 5 sekarang ini menjadi sekolah unggulan di Kota Makassar,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 5 Makassar Andi Nurhayati mengatakan bahwa pihak sekolah merespon dengan baik dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Saya pasti merespon. Sebenarnya ini kita juga sekolah punya program, hanya karena kebetulan alumni juga punya program jadi kita bersinergi dengan mereka,” katanya.

Menurutnya, pemberian motivasi tersebut sangat dibutuhkan bagi siswa-siswi SMAN 5 Makassar.

“Memang ini kita perlu kasi motivasi. Jangankan siswa, guru juga. Karena kita ini kan lima tahun terakhir selalu pergantian, akhirnya kita punya anak-anak tidak termotivasi, guru-guru juga tidak termotivasi karena ketakutan,” pungkasnya.(*)