Darmawangsyah Muin/INT

Inisiatif Undang Khusus Cakada, Gerindra Sulsel: Sempurnakan Usulan DPC

Senin, 17 Februari 2020 | 09:07 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Deks Pilkada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Sulawesi Selatan mengundang khusus sejumlah calon kepala daerah untuk mengikuti fit and propertes atau uji kelayakan dan kepatutan. Undangan khusus ini lantaran nama-nama yang diundang tidak diusulkan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra di daerahnya masing-masing.

Dimana fit and propertes yang dilakukan Gerindra adalah rangkaian tahapan penjaringan nama bakal calon sebelum dikerucutkan beberapa nama untuk dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.

Ketua Deks Pilkada Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin yang dikonfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya di tingkat DPD sedapat mungkin yang tidak sempat mengikuti proses di DPC. Dia mencontohkan Tomy Satria Yulianto di Pilkada Bulukumba.

“Kami di DPD (Gerindra Sulsel) sedapat mungkin mengakomodir para calon yang tidak sempat mendaftar dan ikut proses di DPC, dan itu bukan saja di Bulukumba, tapi di beberapa daerah juga sama. contoh di Luwu Timur dan Luwu Utara, sehingga para calon pemimpin di kabupaten kota mendapatkan perlakuan yang sama di DPD Gerindra Sulsel,” ungkap Darmawangsyah, Minggu (16/2/2020).



Dia mengatakan, Deks Pilkada DPD Gerindra Sulsel memiliki tanggung jawab untuk menyempurnakan usulan DPC masing-masing yang dianggap masih kurang.

Setelah dilakukan fit and propertes, DPC Gerindra Sulsel akan melakukan perangkingan. Tiga nama yang masuk posisi tiga ke atas dianggap memiliki peluang menang dan mampu sejalan denagn Gerindra akan dikirim ke DPP, untuk selanjutnya diterbitkan rekomendasi.

“Itulah makna dari dilaksanakanya penjaringan dan fit di DPD atas tindak lanjut proses dari DPC. yang kurang kita sempurnakan sebelum kita bawa 3 besar ke DPP,” ucapnya.(*)


BACA JUGA