#

Rangkaian HUT Barru, Suardi Saleh Sosialisasikan Pentingnya Donor Darah

Senin, 17 Februari 2020 | 15:31 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dan Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengintensifkan sosialisasi donor darah ke sejumlah elemen masyarakat.

Di rangkaian Hari Jadi Barru ke 60 tahun misalnya, Pemkab dan PMI bekerjasama menggelar sosialisasi dan donor darah ke sejumlah instansi pemerintahan untuk membantu sesama, terutama  bagi yang sangat membutuhkan.

pt-vale-indonesia

Bupati Barru Suardi Saleh yang kini dipercaya sebagai ketua PMI Barru, mengajak semua elemen masyarakat untuk membiasakan mendonorkan darahnya. Selain bisa membantu dan memberikan pertolongan ke sesama, juga punya manfaat bagi kesehatan.

“Donor darah itu tidak hanya bisa menolong dan menyelamatkan jiwa saudara-saudara kita yang membutuhkan. Tapi donor darah itu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita sebagai pendonor,” terang Suardi Saleh di depan ratusan ASN dan prajurit TNI, serta pelajar di sosialisasi donor darah di Baruga Singkeru Adae, Senin (17/02/2020).

Ia mencontohkan, donor darah yang rutin bisa menjauhkan kita dari berbagai jenis penyakit, sekaligus membuat tubuh kita lebih sehat, karena produksi darah diperbaharui. Begitu pun tekanan darah jadi lebih stabil. Keuntungan lainnya bagi pendonor, bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah.

“Termasuk manfaatnya dapat menurunkan resiko penyakit, seperti jantung. Membuat tubuh kita lebih sehat, dan bisa memperpanjang usia kita,” urai Suardi Saleh yang selama ini dikenal sebagai pejabat yang tidak merokok.

Sekadar diketahui, sosialisasi ini donor darah ini, sejumlah ASN, prajurit TNI dan pelajar, mendonorkan darahnya ke tempat-tempat yang sudah disiapkan Tim PMI Barru di Baruga Singkeru Adae.

Koordinator Operasional Posko PMI Barru, Muhammmad Askar menyebutkan, kegiatan semacam ini harus terus ditingkatkan lagi. Alasannya, kebutuhan darah  saat ini sangat dibutuhkan.

Setiap bulan, rata-rata 20-30 kantong darah yang dibutuhkan di Barru untuk memenuhi permintaan warga yang sedang dirawat di rumah sakit. Karena itu, pihaknya sangat berharap ini bisa digalakkan lagi untuk membantu sesama.

Berdasarkan pantauan, sosialisasi dan donor darah ini ikut dihadiri Ketua TP PKK, Hasnah Syam, Direktur RSUD Barru, Nikmawati, Anggota DPRD Syahrul Ramdhani, Kapten Inf Sudirman (Pasiter Kodim 1405 Mallusetasi), Kadis Pendidikan, serta sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Barru.(*)


BACA JUGA