Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kota Makassar menggelar Seminar Sehari di Eboni Ballroom Hotel Gammara, Rabu (19/2/2020)

Terdepan Layani Kesehatan Ibu dan Anak, IBI Gelar Seminar Sehari

Rabu, 19 Februari 2020 | 12:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kota Makassar menggelar Seminar Sehari di Eboni Ballroom Hotel Gammara, Rabu (19/2/2020). Kegiatan ini mengangkat tema “Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neo Natal Melalui Germas dan Pelayanan.

Melalui tema tersebut, Ketua Panitia, Muliyati Maya menjelaskan, bahwa para bidan mesti tahu pentingnya menjadi yang terdepan dalam melayani kesehatan ibu dan anak. Sebab, kata dia, bidan selalu hadir dalam masyarakat sehingga sudah semestinya mereka menjadi paling cepat bertindak.

“Kita bidan-bidan ini kan, kita yang paling di depan dalam pelayanan kesehatan, kita termasuk ujung tombak dalam pelayanan kesehatan karena kita itu selalu ada di depan, ada di dalam masyarakat khususnya pelayanan kesehatan ibu dan anak,” jelasnya.

Lanjut, kata Bidan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Pertiwi ini juga mengatakan, jika pihaknya juga mendukung program pemerintah yang ada yakni Gerakan Masyarakat (Germas). Sebagai bentuk dukungannya, mereka pun telah melakukan berbagai kegiatan masyarakat. Khususnya yang terpenting dalam melayani masyarakat soal kesehatan ibu dan anak.

“Itu kan sekarang ada program pemerintah itu Germas (Gerakan Masyarakat) kita juga harus dukung itu,” katanya. 

Sementara itu, Ketua IBI Kota Makassar, Nur Jaya Andi Paelori menambahkan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan bidan mampu menunjukkan eksistensinya di masyarakat. Untuk itu, pelayanan kesehatan mesti ditingkatkan. 

“Untuk meningkatan profesi bidan, dan meningkatkan eksistensi profesi ini khususnya di dalam mendirikan pelayanan baik di ibu dan anak, terlebih di dalam organisasi, bidan ini merupakan pemberi pelayanan dasar,” tambah Dosen Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Makassar ini. 

Dua pemerhati kesehatan Ibu dan Anak menjadi pemateri dalam kegiatan ini, ialah Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Nasaruddin Andi Mappaware Ketua IBI Sulsel, Suriani B. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin.(*)

Reporter: Agung Eka