16.886 Peserta Ikut Tes SKD, Pemkot Makassar Hanya Terima 520 CPNS

Sabtu, 22 Februari 2020 | 17:33 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah digelar hari ini, Sabtu (22/02/2020). Dari 18.886 peserta yang ikut dalam tes ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hanya akan menerima sebanyak 520 CPNS nantinya.

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, jumlah penerimaan CPNS tersebut sudah diatur oleh pihaknya sesuai kebutuhan yang ada.

“Yah 520 dari 18.886. Ini akan berlangsung selama lima hari, jadi tiap sesi itu ada 3000 orang yang ikut,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa apabila terdapat peserta yang melalukan kecunrangan maka langsung dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk diusut. Untuk itu, ia mengimbau, meski Pemkot hanya menerima 520 CPNS tidak berarti para peserta harus melalukan cara curang untuk lulus.



“Kalau dahulu pakai sistem langsung dinayatakan gugur, kalo tahun ini tidak, kita langsung bawa ke aparat hukum,” lanjutnya.

Ditempat yang sama, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah mengungkapkan, penerimaan CPNS yang terbatas membuat pemerintah mesti mencarikan peluang kerja yang baru. Salah satu yang menjanjikan ialah menjadi entrepreneur.

“Kenapa harus memilih PNS, sementara negara punya keterbatasan untuk menerima. Bayangkan dari 16.886, yang diterima hanya 520. Untuk itu, ini PR buat pemerintah, bagaimana agar kita menciptakan entrepreneur-entrepreuner baru, supaya jangan semuanya mau menjadi PNS,” kata Mantan Bupati Bantaeng ini. (*)

*Reporter: Agung Eka


BACA JUGA