Mentan Syahrul Yasin Limpo memberikan kuliah umum bertema pertanian maju, mandiri, dan modern di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Medan, Sumatera Utara, Jumat (21/2/2020)

Mentan: Anak Muda Harus Manfaatkan Pertanian di Era Modern

Sabtu, 22 Februari 2020 | 11:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MEDAN, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memberikan kuliah umum bertema pertanian maju, mandiri, dan modern di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Medan, Sumatera Utara, Jumat (21/2/2020).

Dalam kesempatan ini, Syahrul menyampaikan pentingnya optimalisasi sektor pertanian secara modern dengan fasilitas canggih dan kekuatan SDM yang unggul.

“Di era sekarang menanam tidak harus memakai cangkul, melainkan menggunakan robot konsaksion yang ada dengan program IT yang sudah bisa kamu kendalikan,” ujarnya.

Mengenai hal tersebut, kata Syahrul, ada tiga hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah memperbaiki agenda intelektual dengan management kehidupan, dan berperilaku yang baik.



“Perilaku menjadi penting dalam proses menghadapi masa depan yang lebih baik. Dengan begitu, nantinya lulusan dari Polbangtan Medan tidak akan ada yang tidak berhasil,” katanya.

Kedua, lanjut dia, generasi muda harus menguasai pertanian masa kini sesuai koridor yang modern dengan pemanfaatan sistem teknologi dan mekanisasi. Sistem ini sangat relevan, terlebih sekarang eranya revolusi industri 4.0, dimana seluruh perangkat yang ada sudah menggunakan artificial intelligence.

“Sebut saja salah satunya peluncuran AWR (Agriculture War Room) yang berfungsi memantau jalannya pembangunan pertanian nasional serta pengecekan cuaca sekaligus memantaunya di tiap daerah,” katanya.

Terakhir, kata Syahrul, pemanfaatan teknologi secara baik dan benar harus dilakukan dengan bekal ilmu dan intelektual. Pasalnya, sektor pertanian secara pasti telah menjanjikan kehidupan yang sejahtera.

“Kalian pasti nanti berada di atas rata-rata kekayaan anak bangsa karena kalian adalah andalan untuk roda perekonomian negara. Bersyukur lah kalian berada disini, di Polbangtan,” tutupnya.(*)


BACA JUGA