Pemkab Gowa menerima penghargaan pada acara SAKIP Awards 2019 Wilayah III di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020)

Nilai Naik, Gowa Pertahankan Predikat B Sistem Akuntabilitas Kinerja 2019

Senin, 24 Februari 2020 | 21:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali terima Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 dengan nilai 63,25 atau predikat B.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada acara SAKIP Awards 2019 Wilayah III di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Gowa, Azhari Azis mengatakan capaian tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu yang mencapai 62,80.

“Alhamdulillah tahun ini kita berhasil mempertahankan predikat B dan menaikkan nilai SAKIP. Hasil evaluasi kinerja memperlihatkan kita mendapatkan nilai 63,25 dari penilaian yang dilakukan tim, sedangkan tahun 2018 perolehan nilai Gowa 62,80,” ungkapnya.

Menurut Azhari, capaian ini menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah Kabupaten Gowa sudah menunjukkan hasil yang baik.

“Jadi aspek penilaiannya itu ada lima seperti perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja. Semua aspek ini nilai kita naik beberapa persen,” jelas Azhari yang turut hadir mendampingi Bupati Gowa pada acara tersebut.

Sementara itu terkait pencapaian yang diraih Pemkab Gowa, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku sangat mengapresiasi capaian tersebut. Menurutnya hasil ini tidak lepas dari kerjasama seluruh stakeholder yang berhasil menaikkan nilai SAKIP Gowa.

“Kami sangat berterimakasih kepada pimpinan SKPD karena laporan SAKIP dan penilaian sangat ditentukan oleh inovasi yang dibuat para SKPD dan saya sangat mengapresiasinya,” ucap orang nomor satu di Gowa itu.

Adnan mengaku, sejak tahun lalu pihaknya selalu menggenjot para SKPD untuk memperbaiki laporan Sakip agar target tercapai.

“Alhamdulillah dari hasil Kementerian PAN dan RB predikat bertahan B tapi nilainya mampu kita naikkan,” beber Adnan.

Olehnya dirinya berharap tahun depan capaian ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi dengan mengajak seluruh SKPD untuk selalu memperbaiki laporan SAKIP dengan meningkatkan seluruh aspek penilaian yang ditentukan.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo mengatakan penghargaan ini diberikan kepada 190 pemerintah daerah terdiri dari 178 kabupaten/kota dan 12 Provinsi yang tersebar di Wilayah III Indonesia.

Selain itu, Tjahjo Kumolo mengaku penialain ini dilakukan agar instansi bisa mempertanggungjawabkan efisiensi atau penggunaan anggaran, dan menetapkan ukuran dan target kinerja yang jelas.

“Evaluasi SAKIP ini dapat memetakan tingkat efektivitas penggunaan anggaran yang merupakan hasil dari imolementasi manajemen kinerja dan anggaran kinerja yang berkesinambungan,” katanya.

Pada penerimaan penghargaan ini, Bupati Gowa turut didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad, Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Hj Kamsinah.(*)


BACA JUGA