Sosialisasi Green Campus kepada seluruh pimpinan, dosen dan karyawan Unibos, di Balai Sidang 45, Senin (24/2/2020)

Peduli Lingkungan, Unibos Terapkan Konsep Green Campus

Senin, 24 Februari 2020 | 22:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Universitas Bosowa (Unibos) kini berkomitmen menerapkan konsep Green Campus sebagai bentuk eco office dan kepedulian terhadap lingkungan. Komitmen ini ditunjukan dengan dilaksanakannya sosialisasi Green Campus kepada seluruh pimpinan, dosen dan karyawan Unibos. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Sidang 45, Senin (24/2/2020).

Acara yang dibuka oleh Rektor Unibos, Prof Dr Ir Muhammad Saleh Pallu M.Eng ini juga turut dihadiri CEO Bosowa Education Melinda aksa dan diikuti oleh seluruh Sivitas Akademika Unibos.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya, Prof Saleh Pallu menuturkan agar seluruh sivitas akademika Unibos mampu mendukung penuh usaha dan upaya Unibos untuk mengoptimalkan program Green Campus ini.

“Sebelumnya kita sudah melaunching Bosowa Sustainable Project yang telah berjalan yaitu Program Sekolah Sampah dan Makassar Memilah Sampah yang berfokus untuk mengubah mindset masyarakat luar. Kali ini kita akan berfokus untuk mengubah mindset para akademik di Unibos dengan program Green Campus. Dengan tujuan yaitu mengedukasi mahasiswa dan sivitas akademika bagaimana kita menangani sampah yang ada di kampus dan memberikan contoh kepada kampus-kampus yang lain tentang pengelolaan lingkungan kampus”, kata Prof Saleh Pallu (Rektor Unibos).

Selain itu CEO Bosowa Education Melinda Aksa juga menuturkan harapannya. “Di Unibos kita memiliki banyak ahli yang sangat paham dalam bidang lingkungan yang dapat membuat program Green Campus ini sukses dan menjadi Pioner dalam kepedulian lingkungan. Sehingga saya percaya Unibos dapat membuat perubahan dengan memberikan solusi-solusi yang inovatif dalam menangani sampah kedepannya. Juga memberi kontribusi dengan banyak ide-ide dalam menyelesaikan masalah lingkungan di kota Makassar. Semoga Unibis bisa menjadi motivator yang pertama melakukan sesautu yang seperti ini. Harus selalu kita tanamkan bahwa sesuatu hanya akan membawa perubahan jika dimulai dari kita. Kita sudah berkomitmen di masyarakat tentang pengelolaan sampah, sekarang kita berkomitmen pada instansi internal kita untuk menjadi contoh bagi mereka,” ungkap Melinda Aksa.

Dalam sosialisasi ini, Ketua Bosowa Sustainable Project, Algazali yang merupakan dosen Fakultas Teknik Unibos memaparkan beberapa program Green Campus yang telah dicanangkan. Termasuk, pemasangan biopori dalam lingkup kampus, pengajaran pembuatan komposter, penanaman pohon dan tanaman dalam ruang, pemilahan sampah organik dan non organik, dan daur ulang limbah plastik. Termasuk penerapan konsep bebas plastik dengan komitmen setiap sivitas akademika membawa thumbler minum masing-masing, dan mencanangkan bike to work.(*)