#

Barru Terbaik di Sulsel dalam Tata Kelola Pemerintahah Desa

Selasa, 25 Februari 2020 | 18:21 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pernyataan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah jika Suardi Saleh telah berhasil mengangkat nama Barru selama tiga tahun terakhir, kembali terbukti.

Kali ini, Kabupaten Barru ditetapkan sebagai salah satu dari sekitar 20 daerah di Indonesia yang berpredikat baik dalam kinerja penyaluran dana desa dan tata kelola pemerintahan desa. 

Sesuai dokumen yang diedarkan Direktorat Pelaksanaan Anggaran, Dirjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI, mengenai Penyampaian Daftar Pemda yang memiliki predikat kerja baik dalam penyaluran dana desa 2019, Barru bersama Maros mewakili Sulsel.

Predikat berkinerja baik ini diumumkan pada Rapat Kerja Percepatan dan Penyaluran Dana Desa se-Sulsel di Makassar, Selasa (25/02/2020) yang dihadiri kepala daerah se Sulsel. Barru berhasil memenuhi kriteria yang ditentukan pusat dengan dua tahap. Masing-masing penyaluran dana dan tata kelola pemerintahan desa.



Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Barru Suardi Saleh dan jajarannya di lingkup Pemkab, atas upayanya membuat tata kelola pemerintahan desa terbaik di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh yang hadir di rapat kerja ini, mengaku senang jika daerah yang dipimpinnya berhasil mendapatkan predikat berkinerja baik. Menurutnya, apresiasi dari Pemerintah Pusat ini harus menjadi motivasi bagi semua jajarannya untuk terus memberikan yang terbaik bagi Barru.

“Alhamdulillah, ini sekaligus kado untuk Hari Jadi Barru ke 60. Semoga predikat ini bisa semakin memacu kami dalam memberikan yang terbaik untuk kemajuan Barru,” kata Suardi Saleh saat ditanya mengenai predikat berkinerja baik.

Kepala Dinas PMD Barru, Jamaluddin, menambahkan, predikat dari Kementerian Keuangan ini, tidak lepas dari sinergitas yang terbangun selama ini dari antara Pemkab dan aparatur desa, baik dalam memaksimalkan dana desa untuk kegiatan yang tepat sasaran, maupun berusaha menghindari atau mengantisipasi penyimpangan dana desa.

“Selain predikat sebagai Pemda yang memiliki kinerja terbaik oleh Kementerian Keuangan, kami juga disampaikan bahwa manajemen pertanggungjawaban keuangan Kabupaten Barru untuk semua Desa telah diterima lengkap, sehingga untuk saat ini Kabupaten Barru satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang telah menerima penyaluran Dana Desa ke rekening masing-masing Desa,” pungkas magister bidang hukum ini.(*)


BACA JUGA