Unjuk rasa terjadi di Balai Kota Makassar, Rabu (26/02/2020)

Belum Dapat TPP, Satpol PP Makassar Unjuk Rasa di Kantor Balai Kota

Rabu, 26 Februari 2020 | 22:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Unjuk rasa terjadi di Balai Kota Makassar, Rabu (26/02/2020). Massa yang berasal dari puluhan anggota Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Makassar ini menuntut kejelasan mengenai tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang hingga kini tak kunjung didapatkannya.

Saat ditanya mengenai hal ini, Kasatpol PP Makasssar, Iman Hud membeberkan, unjuk rasa ini dilakukan lantaran pihaknya belum mendapatkan dana TPP selama tiga bulan. Seperti yang diketahui, TPP sendiri merupakan tunjangan tambahan yang diberikan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di luar gaji pokok mereka.

“Kami hanya minta keadilan, khususnya mereka yang tugas di lapangan, kami sudah tiga bulan tidak terima TPP,” bebernya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan penyebab dari ini ialah adanya kesalahan teknis pada sistem kepegawaian Pemerintah Kota (Pemkot). Sehingga, para petugas Satpol PP mendapat pengurangan gaji dan tertundanya pemberian TPP mereka. Adapun sekitar 100 anggota Satpol PP berstatus ASN yang kena imbasnya.



Dia mengesalkan pihak terkait yang kurang cepat dalam menanggapi masalah ini. Menurutnya, para petugas Satpol PP sudah seharunsya diberikan haknya dengan mendapatkan gaji untuk kebutuhan hidup mereka.

“Seharusnya mereka diberikan haknya. Hak PNS itu kan mendapat penghidupan yang layak, setelah diberikan hak baru kita laksanakan kewajiban kami, jumlah 800 personel itu satu sistem, satu tidak bekerja yang lain juga tidak ikut,” jelas Iman.

Dalam unjuk rasa tersebut terlihat Asisten I Pemkot Makassar Muhammad Sabri yang turut mendampingi. Aksi ini juga sempat menutup area masuk ke Balai Kota Makassar.(*)


BACA JUGA