Head Of Political, Press and Information Delegasi Uni Eropa, Margus Solnson bertandang ke Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Rabu (26/2/2020)

Bertemu Iqbal Suhaeb, Uni Eropa Bahas Soal Kerjasama Bidang Kemaritiman

Rabu, 26 Februari 2020 | 22:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Uni Eropa bertandang ke Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Rabu (26/2/2020). Bertemu langsung dengan Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, pihaknya ingin mengajak kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam bidang kemaritiman.

Head Of Political, Press and Information Delegasi Uni Eropa, Margus Solnson mengungkapkan alasan dari ajakan kerjasama tersebut. Menurutnya, Kota Makassar memiliki kekayaan kemaritiman bahari yang banyak. Hal ini pula yang membuat pihaknya kepincut untuk menjajaki kerjasama.

“Banyak daerah di Indonesia yang kami target. Salah satunya Kota Makassar. Ini menjadi harapan kami karena melihat perkembangan Kota Makassar yang pesat khususnya di bidang kemaritiman,” ujarnya.

Menanggap hal tersebut, Iqbal Suhaeb mengaku tak heran jika pihak luar negeri ingin mengajak kerjasama. Sebab, menurutnya, lautan di Kota Makassar memiliki ikan dengan kualitas yang baik. Tak ayal, apabila Uni Eropa ingin hasil laut tersebut dibawa ke beberapa negara anggota Uni Eropa untuk dijual kembali.



“Jadi jika kerjasama ini ketahap selanjutnya, seperti Ikan-ikan nantinya akan langsung ke Negara Uni Eropa. Karena memang, negara tersebut sangat menyukai kualitas hasil tangkapan laut di Indonesia khususnya di Kota Makassar,” jelasnya.

Lanjut, kata Iqbal, sarana dan prasarana kemaritiman di Kota Makassar juga terus ditingkatkan mengingat banyaknya investor melirik di bidang ini. Pihak Uni Eropa pun juga menawarkan kerjasama di dunia pendidikan khususnya kerjasama antar universitas serta perbaikan jaringan di kepulauan Kota Makassar.(*)