Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menerima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, Usman bersama jajarannya di Ruang Kerja Bupati, Kamis (27/2/2020)

Adnan Imbau Masyarakat dan ASN Segera Lakukan Pengisian Sensus Penduduk Online

Kamis, 27 Februari 2020 | 21:01 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengimbau seluruh masyarakat dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Gowa untuk segera melakukan pengisian Sensus Penduduk Online yang dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang di website sensus.bps.go.id.

Hal itu diungkapkannya, saat menerima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, Usman bersama jajarannya di Ruang Kerja Bupati, Kamis (27/2/2020).

“Diharapkan semua masyarakat dan ASN segera melakukan pengisian ini di laman sensus.bps.go.id untuk menghasilkan satu data kependudukan yang valid agar data yang di Disdukcapil Gowa bisa terupdate,” ungkapnya.

Dikatakan Adnan, untuk meningkatkan partisipasi program sensus penduduk online di Kabupaten Gowa ini, pihaknya akan memperlihatkan dari internal dulu atau bagi ASN Lingkup Gowa.

“Kita mulai dari internal dulu, ada sekitar 10.000an ASN Gowa. Saya bersama pak Wabup akan mengimbau para kepala SKPD untuk menyiapkan semua pegawainya. BPS bisa melakukan pendampingan dan sosialisasi dengan membagi tim, di mana setiap harinya bisa menjadwalkan tiga SKPD dengan jadwal masing-masing pagi, siang, sore,” bebernya.

Olehnya melalui pertemuan itu, para ASN Gowa bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk melakukan pengisian ini. Adnan mengaku dirinya akan mengecek setiap minggunya progres pengisian dan memberikan waktu kurang lebih 2 minggu bagi ASN Gowa melakukan pengisian sensus penduduk online.

Sementara, Kepala BPS Gowa, Usman mengatakan pihaknya menargetkan 17 persen atau sekitar 36 ribu Kartu Keluarga (KK) melakukan pengisian online dari 218 ribu jumlah KK di Kabupaten Gowa.

“Total penduduk di Kabupaten Gowa kurang lebih 772 ribu dengan jumlah KK 218 ribu. Kami target sekitar 36 ribu KK. Sementara saat ini yang sudah melakukan pengisian baru sekitar 1200 KK atau 0,58 persen,” ungkapnya.

Terkait pendampingan bagi ASN, pihaknya akan menyiapkan beberapa tim agar bisa mengcover ASN Gowa yang dimulai pada SKPD pada Senin mendatang untuk melakukan sosialisasi.

“Senin nanti kami akan sosialisasikan dulu sekaligus pembagian jadwal dan mengimbau membawa KK dan KTP. Rencananya setiap harinya kami akan melakukan pendampingan kepada 3 SKPD,” jelasnya.

Usman berharap dengan dilakukannya cara ini seluruh ASN Gowa dan masyarakat bisa mencapai target yang diinginkan dan meningkatkan persentase Gowa secara nasional.

“Tentu kami berharap bisa mencapai target itu, karena ini terlihat secara nasional persentasenya. Pak Bupati juga akan mengecek secara berkala progres dari sensus penduduk ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, sensus penduduk ini dilakukan dengan dua tahap yakni secara online tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020 dan wawancara dilakukan apabila masih ada masyarakat yang belum mengisi secara online dengan mendatangi rumah warga yang terdaftar di Dinas Kependudukan Catatan Sipil mulai 1-31 Juli 2020.(*)


BACA JUGA