Haji dan Umrah (Foto: Internet)

Arab Saudi Setop Umrah, Begini Komentar Ketua ASITA Sulsel

Kamis, 27 Februari 2020 | 20:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Mengenai kebijakan Arab Saudi yang baru-baru ini menghentikan penerimaan Jemaah Umrah dari sejumlah negara, Ketua Association of the Indonesian Tour and Travel Agencies (ASITA) Sulawesi Selatan (Sulsel), Didi L Manaba ikut menanggapi persoalan ini. 

Menurutnya, kebijakan tersebut patut dicermati terlebih dahulu. Pasalnya, pihak Arab Saudi juga punya alasan baik untuk menyetop sementara penerimaan jamaah Umrah khususnya di Indonesia. Salah satu yang paling jelas, kata dia, ialah mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Kita harus bisa terima kebijakan suatu negara terhadap masalah ini karena dua hal yang paling sensitif untuk pariwisata yaitu keamanan dan kesehatan,” ujarnya.

Untuk itu, Didi mengimbau agar pihak travel dan calon jamaah agar bersabar menyikapi kebijakan dari Arab Saudi ini. Dia pun berharap segera ada upaya pemerintah pusat dalam persoalan tersebut.



“Kita harapkan ada kebijakan pemerintah Arab Saudi dan upaya pemerintah Indonesia,” tambahnya

Hingga kini, dia mengaku masih belum ada koordinasi dari pihak pemerintah pusat untuk membahas hal ini. “Nah ini yang belum ada rapat koordinasi ke kami ASITA Sulsel,” imbuhnya.(*)


BACA JUGA