#

Berkunjung ke Barru, Ini Komitmen Menteri Perhubungan

Sabtu, 29 Februari 2020 | 16:34 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau langsung Pelabuhan Garongkong dan proyek kereta api di Kabupaten Barru, Sabtu (29/02/2020).

Budi Karya yang tiba di Kabupaten Barru menggunakan helikopter dari Makassar sekira Pukul 8.30 Wita, langsung mengunjungi lokasi pengerjaan proyek kereta api lalu melanjutkan ke Pelabuhan Garongkong.

pt-vale-indonesia

Didampingi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Budi Karya Sumadi dijemput Bupati Barru Suardi Saleh, serta para pimpinan Forkopimda Barru, serta sejumlah pejabat di lingkup Pemkab. Diantaranya, Plh Sekda Barru Abustan.

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan memboyong beberapa pejabat kementerian dan pihak swasta untuk  menindaklanjuti proyek kereta api dan pengembangan pelabuhan. Seperti Dirjen Perkeretaapian, Zulkifli, Kepala BTP Jawa Bagian Timur dan Sulawesi, Sumardi, serta Direktur Utama PT Pelindo, Farid Padang.

Khusus pengerjaan proyek kereta api, Budi Karya memberikan pengarahan, sekaligus mempertegas komitmen pemerintah pusat untuk menyelesaikan proyek kereta api di Sulsel. Apalagi, proyek kereta api ini merupakan yang pertama di luar pulau Jawa dan Sumatera.

Untuk pembiayaannya, kata Budi, Pemerintah Pusat akan berkerjasama pihak swasta, sehingga beberapa lokasi pengerjaan rel kereta api itu tidak menggunakan dana pusat lagi. 

Sementara mengenai Pelabuhan Garongkong, Budi yang juga memimpin rapat koordinasi dengan Gubernur, Bupati dan Pimpinan Forkopimda Barru, meminta jika saatnya untuk berpikir melibatkan swasta.

“Pelabuhan Garongkong kita harapkan buka untuk semua. Begitu pun Pelindo (pengelolaannya), meski tak semuanya tapi akan menggandeng pihak swasta,” kata Budi saat memberikan pengarahan khusus.

Selain itu, pihaknya meminta agar ada pembebasan lahan sekira lima hektare agar bisa multipurpose. Termasuk kewenangan pemerintah dalam menunjuk BUMN dan BUMD.(*)


BACA JUGA