#

DPRD Lanny Jaya Papua Jauh-jauh Datang ke Barru, Tujuannya “Belajar” MPP

Minggu, 01 Maret 2020 | 17:10 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga Kabupaten Barru, menjadi daya tarik tersendiri bagi pemerintah kabupaten/kota dan DPRD dari berbagai daerah di Indonesia.

Baik sebelum diresmikan, maupun pasca-beroperasi, MPP Masiga, kini dijadikan tempat studi banding bagi daerah lainnya. Bukan hanya kabupaten/kota di Sulsel, tapi daerah dari provinsi lain tak ragu lagi “berguru” di Kabupaten Barru.

Pasca-Ketua DPRD Enrekang yang mampir melihat MPP, pekan lalu, kini giliran rombongan DPRD Lanny Jaya, Papua, sengaja datang ke Barru untuk melihat langsung MPP Masiga yang sudah diresmikan Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo.

Dipimpin Ketua DPRD Lanny Jaya, Tanus Kogoya, para wakil rakyat ini nampak antusias mendengar penjelasan Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP-TK) Barru, Safruddin. Sesekali, mereka bertanya mengenai fasilitas dan jumlah instansi yang tergabung di MPP Masiga.



Kepada pengelola MPP Masiga, pimpinan DPRD Lanny Jaya, mengaku jika kedatangannya ke kabupaten tetangga Kota Parepare ini, tak lain ingin mengetahui lebih banyak tentang keberadaan dan fungsi MPP.

“Kami dengar ada peresmian MPP oleh Menteri di Barru. Makanya kami tertarik datang ke Barru untuk mengetahui tentang MPP ini,” kata Tanus Kogoya di sela-sela kunjungannya ke Barru, Sabtu (29/02/2020).

Selama kurang lebih dua jam, rombongan anggota DPRD ini juga mengelilingi setiap ruangan yang berada di tower kantor bupati itu. Termasuk memperhatikan berbagai fasilitas pendukung yang ada di MPP Masiga.

Usai mendapat penjelasan, sekaligus melihat secara langsung MPP, rombongan DPRD ini mengaku sangat tertarik untuk mengadopsinya atau merekomendasikan kepada Pemkab Lanny Jaya agar bisa membuat MPP seperti di Barru.

Baik Tanus maupun anggota dewan lainnya, mengaku sangat takjub melihat langsung MPP. Mereka baru melihat langsung ada daerah di Indonesia yang punya mal pelayanan seperti ini. Selain mempermudah pelayanan terhadap warga, juga fasilitas dan lokasinya sangat nyaman. 

Sekadar diketahui, dari sekitar 500 kabupaten kota di Indonesia, baru 25 daerah yang punya Mal Pelayanan Publik. Salah satunya adalah Kabupaten Barru. Khusus di Sulsel, Barru tercatat sebagai kabupaten pertama yang menerapkan MPP. Sebelumnya ada Kota Makassar.(*)


BACA JUGA