FOTO: Skuad BUFS Fc Bulukumpa/Ist
#

BUFS Fc Bulukumpa Lolos ke Turnamen Aqua DNC U-12 Regional Indonesia Timur

Senin, 02 Maret 2020 | 10:26 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Salah satu club sepak bola asal Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan lolos bertanding keTerunamen Aqua Danone Nation Cup (DNC) U-12 Regional Indonesia Timur di Makassar.

Skuad selama ini dibina oleh sejumlah anak muda secara mandiri di sekolah sepak bola Bulukumpa United Football School (BUFS). Sekolah non formal ini didirikan sejak lima bulan lalu.

Meski begitu, BUFS Fc sudah bisa berlaga di sekala regional Indonaesia Timur.

Pelatih BUFS Fc, Adhi Darto mengatakan, sekolah sepak bola yang dia gagas bersama sejumlah rekannya diawali dari kesadaran beberapa individu yang peka oleh ancaman era moderennisasi.



“Kemudian kami berdiskusi, dan membentuk sebuah wadah pengembangan bakat atau pembelajaran karakter di bidang olahraga sepak bola,” kata Adhi, Senin (2/3/2020).

Dia melanjutkan, dengan adanya sekolah sepak bola ini diharap mampu melindungi, menjaga dan mengoptimalkan seluruh potensi anak-anak sejak dini.

“Terkhususnya daerah kita di Kecamatan Balukumpa. BUSF adalah solusi pengembangan bakat sepak bola,” ungkapnya.

Adhi tak hanya seorang diri, dia bersama sejumlah kerabatnya membina murid di BUSF. Mereka adalah Suprianto, Rafiuddin, Faisal Ashar, Resky Maulana dan Yudi.

Selama ini, BUFS membuka sekolah sepak bola secara mandiri. Menurut Adhi berawal dari ‘patungan’ beberapa anak muda dan sumbangsi senior para pesepak bola di di Kecamatan Bulukumpa.

“Kami awalnya patungan dan beberapa sumbangsi dari senior di Gurda Fc, serta beberapa sumbangsi lainnya,” ungkap Adhi.(*)