FOTO: Presiden Asian Development Bank (ADB), Masatsugu Asakawa saat memberikan sambutan dalam peninjauan lokasi proyek ADB di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Kota Makassar/Senin, 2 Februari 2020/Agung Eka/GOSULSEL.COM

Sambangi Makassar, Masatsugu Asakawa Tinjau Proyek ADB di Batua

Senin, 02 Maret 2020 | 16:02 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM Presiden Asian Development Bank (ADB), Masatsugu Asakawa melakukan kunjungan kerja pertamanya di Indonesia, tepatnya di Makassar. Ia langsung meninjau proyek dari ADB, yakni Neighborhood Upgrading and Sector Project Phase (NUSP). Bertempat di Jalan Swadaya, Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Makassar, Senin (2/02/2020).

Di kawasan tersebut, terdapat pekerjaan jalan paving block dan drainase tertutup. Pekerjaan ini merupakan hasil bantuan dana dari ADB.

Usai dari Batua, ia bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb melanjutkan peninjauan ke Jalan Inspeksi Kanal, Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala. Daerah tersebut juga merupakan proyek dari ADB dengan program revitalising informal settlements and their environments (RISE).

Dalam sambutanya, Asakawa mengaku sangat antusias dan bahagia melihat perkembangan proyek tersebut. Menurutnya, hadirnya proyek ini dapat memberikan kehidupan yang lebih baik buat warga setempat.



“Saya sangat senang dan bahagia karena projek ini dapat meningkatkan taraf hidup di Batua Raya,” akunya.

Ia juga mengatakan jika kawasan tersebut dulunya merupakan kawasan kumuh yang setiap tahun terkena banjir. Olehnya itu, pihaknya pun hadir dan ingin membantu permasalahan tersebut. Alhasil, proyek ini pun berjalan lancar.

“Saya mengerti bahwa kampung anda dulu sering kebanjiran, selalu banjir setiap tahun, dan anda bisa lihat hasilnya sekarang infrastrukturnya lebih baik dan lebih hijau,” jelasnya.

Penasehat dari Perdana Menteri Jepang ini juga mengungkapkan bahwa ini merupakan kunjungan pertamanya di Indonesia pasca didapuk sebagai Presiden ADB. Ia pun sangat senang datang di Kota Daeng ini.

“Ini adalah kunjungan pertama saya sebagai Presiden ADB, pertama di Indonesia, dan pertama di Sulawesi Selatan, di Makassar, Batua Raya,” ucapnya. (*)

Reporter: Agung Eka