Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan 

Pemkab Gowa Salurkan Beasiswa Pendidikan kepada 42 Siswa

Selasa, 03 Maret 2020 | 22:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa kembali akan menyalurkan beasiswa kepada 42 siswa yang diseleksi dari 106 sekolah yang terdiri dari SMA, SMK dan Madrasah Aliyah.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan program tersebut memang menjadi prioritas tahun 2020 ini.

“Program ini menjadi prioritas kami saat ini, dengan menggandeng 5 kampus terkemuka di Indonesia seperti UI, UGM, ITB, ITN Malang dan Universitas Udayana Bali,” jelasnya saat memberi sambutan pada acara sosialisasi beasiswa tersebut, Selasa (3/3/2020).

Adnan menjelaskan tujuan utama dari program tersebut tak lain untuk membangun sumber daya manusia. Sebab baginya negeri yang kaya sumber alamnya akan percuma bila sumber daya manusia tidak memadai.



“Maka melalui program ini, kami berharap bisa memberikan investasi kepada bangsa dengan peningkatan sumber daya manusia ini, sebab generasi ini yang akan melanjutkan roda pemerintahan nantinya, baik tingkat daerah, provinsi hingga pusat,” tambahnya.

Ia memberikan gambaran, bahwa beberapa negara yang saat ini cukup maju di kancah dunia meski tidak mempunyai sumber daya alam yang melimpah, namun dengan sumber daya manusia yang unggul, mereka berhasil dihitung dalam dunia internasional.

“Contohnya Malaysia dan Singapore yang sumber daya alamnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan kita di Indonesia. Namun mereka bisa lebih maju, karena mengutamakan peningkatan sumber daya manusianya,” lanjutnya.

Program beasiswa tersebut awalnya digagas oleh Mantan Bupati Gowa Sendiri yakni Ichsan Yasin Limpo dan Mantan Kepala Dinas Pendidikan Idris Faisal Kadir beberapa tahun silam.

Yang menarik dari program beasiswa tersebut, ialah alumni penerimanya tidak diwajibkan untuk kembali mengabdikan diri di Kabupaten Gowa. Mereka dibebaskan memilih tempat untuk menyalurkan pengetahuan yang telah diperoleh selama mengeyam pendidikan di perguruan tinggi.

“Sebab kami yakin, di manapun mereka mengabdikan diri nantinya, tentu akan bermanfaat bagi bangsa secara keseluruhan. Memang inilah tujuan utama program tersebut,” tutupnya.(*)

Reporter: Sandi Darmawan