Apotik Kimia Farma yang terletak di Jalan Dr. Sam Ratulangi telah kehabisan stok masker/Rabu (4/3/2020)/Agung Eka

Stok Masker Sejumlah Apotek di Makassar Mulai Langka

Rabu, 04 Maret 2020 | 22:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kelangkaan masker sudah mulai terjadi di beberapa apotek di Makassar. Sejak masuknya virus Corona atau COVID-19 di Indonesia, masker dan hand sanitizer menjadi barang yang paling banyak dicari warga.

Berdasarkan pantauan, persediaan masker di beberapa apotek seperti Kimia Farma telah mengalami kekosongan. Penanggung Jawab Kimia Farma 205 Ratulangi, Hasna menyebut jika barang tersebut sudah habis sejak dua hari lalu.

Sebab, banyak warga yang berbondong datang untuk membeli beberapa masker untuk pencegahan. Hingga kini, ia pun mengaku bahwa tidak ada lagi persediaan cadangan untuk dijualnya. 

“Senin kemarin, sudah habis. Tergantung distributornya,” ujarnya saat ditemui, Rabu (4/3/2020).



Mengenai persoalan harga, ia menjelaskan jika pihaknya tetap memasang harga normal untuk satu masker. Sejatinya, kata dia, penetapan harga masker sendiri ditentukan oleh distributor sendiri.

“Yah tergantung distributornya, kalau sekarang harganya Rp1.100,” katanya.

Selain Kimia Farma, Apotik Medika Farma juga merasakan hal yang sama. Pengelola Medika Farma, Restu Miftahul mengatakan bahwa sudah sejak lama ketersediaan masker di tempatnya kosong. Ia pun juga tidak mengetahui soal datangnya pasokan masker berikutnya. 

“Iye, sudah lama bahkan sejak belum ada isu virus Corona di Indonesia,” imbuhnya.(*)