Suasana RSUD Syekh Yusuf Gowa/ist

Terkait Virus Corona, Begini Imbauan Dirut RSUD Syekh Yusuf Gowa

Rabu, 04 Maret 2020 | 13:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, dr. Salahuddin memberi imbauan ke masyarakat terkait pencegahan penularan Virus Corona yang kini telah menyebar di 74 negara termasuk Indonesia.

Salahuddin, meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat berkunjung ke tempat publik seperti pasar, pusat perbelanjaan dan lainya yang berpotensi adanya kontak fisik dengan orang lain.

“Bila perlu memakai masker standar, sebab penularan virus tersebut sangat cepat,” jelasnya saat dihubungi, Rabu (4/3/2020).

Ia juga mengatakan penularan virus ituĀ  dapat terjadi bila terkena percikan batuk seseorang yang tersuspect (terduga) terinfeksi virus Covid 19 itu.



“Makanya saat pulang dari tempat-tempat umum, sekiranya mencuci tangan dengan air bersih untuk menghindari penularan virus tersebut,” tambahnya.

Penularan lainnya juga dapat disebabkan oleh kontak fisik dengan benda yang telah terpapar virus tersebut, lalu tanpa sadarĀ  menyentuhkan tangan ke bagian muka atau hidung.

“Selain itu pola hidup sehat juga penting, maka orang yang tidak cukup sehat dianjurkan kurangi dulu untuk bepergian ke tempat-tempat keramaian,” lanjutnya.

Meski saat ini RSUD Syekh Yusuf Gowa belum mampu menangani bilamana ditemukan pasien dengan virus tersebut, namun ia mengatakan siap untuk memberikan pelayanan maksimal nantinya.

“Jika ada yang tersuspect, tentu kami dengan tim internal yang ada akan sigap memberi pelayanan semaksimal mungkin, seperti pendataan dan merujuk ke RS yang telah sedikan untuk pasien virus itu, tapi semoga tidak ada yang tertular lagi,” tutupnya.(*)

Reporter: Sandi Darmawan


BACA JUGA