Penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UMI, Basri Modding dan Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia di Auditorium Al-Jibra UMI, Kamis (5/3/2020)

FTI UMI Gandeng Freeport Indonesia, Mahasiswa Bisa Magang di Papua

Kamis, 05 Maret 2020 | 21:50 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) resmi menjajaki kerjasama dengan PT. Freeport Indonesia (FI). Kegiatan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak ini digelar di Auditorium Al-Jibra UMI, Kamis (5/3/2020).

Dekan FTI UMI, Zakir Sabar menjelaskan, bahwa kerjasama ini berhubungan dengan bidang pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) FI melalui Program Profesi Insinyur. Untuk bentuk kerjasama, adapun salah satunya ialah membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk magang di area pertambangan di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

“Adanya kerjasama ini, jadi para mahasiswa FTI kalau mau magang disana bisa,” katanya saat memberikan sambutan pada acara MoU dan Kuliah Tamu oleh Presiden Direktur FI, Tony Welas.

Selain magang, FTI juga akan mengembangkan edukasi melalui teknologi realitas maya atau virtual reality pertambangan. Kerjasama tersebut memang ditujukan agar pengelolaan Jurusan Teknik Pertambangan FTI semakin lebih baik. 



“Alhamdulillah, kita lakukan kerjasama ini agar kita bisa lihat FTI UMI semakin maju,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur FI, Tony Wenas menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya, hal seperti ini dapat berdampak besar di kemudian hari. Seperti misalkan, pengembangan SDM, dimana mahasiswa ketika sarjana bisa lebih berkompeten. Begitupun sebaliknya bagi karyawan Freeport.

“Kerja sama ini dalam rangka  meningkatkan SDM masing-masing baik dari mahasiswa, maupun dari karyawan-karyawan Freeport sendiri,” ujarnya.(*)