Gedung Kantor DPRD Kabupaten Gowa di Jln. Masjid Raya /ist

Kunker ke Kaltim, DPRD Gowa Bahas Banyak Hal Termasuk Penyusunan APBD

Kamis, 05 Maret 2020 | 18:40 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Sandi Darmawan - Gosulsel.com

SAMARINDA, GOSULSEL.COM — Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kabupaten Gowa, Sulawesi yang diketuai, Ketua DPRD Gowa, H Rafiuddin, melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kalimantan Timur (Kaltim). Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis (5/3/2020).

Dalam kunjungan kerjanya, DPRD Gowa memperkaya ilmu mengenai berbagai hal. Dialog dengan pada legislator DPRD Kaltim dinilai sangat bermanfaat.

Dalam dialog tersebut, Bamus DPRD Gowa bertanya tentang penyusunan APBD, teknik memasukkan pokok-pokok pikiran DPRD yang merupakan aspirasi konstituan menjadi kegiatan yang diakomodir di APBD. Serta saran-saran yang tepat disampaikan DPRD kepada pemerintah dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah.

Semua pertanyaan anggota Bamus DPRD Gowa dijawab Wakil Ketua DPRD Kaltim, H Andi Harun satu per satu dalam waktu hampir dua jam, lengkap dengan memberikan contoh, dan prosedur yang harus dipatuhi saat memasukkan pokok-pokok pikiran ke dalam APBD agar menjadi kegiatan yang diperuntukkan bagi masyarakat atau konstituen.



“Kalau ada usulan, komunikasikan dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). Dokumen pokok-pokok pikiran haruslah disusun dengan rapi, berbagai usulan disampaikan TAPD, sehingga saat TAPD menyampaikan RAPBD, di dalamnya sudah terkover juga aspirasi anggota DPRD,” kata Andi Harun.

Rafiuddin dalam kata penutup pertemuan, menyampaikan terima kasih kepada unsur pimpinan dan anggota DPRD Kaltim, dan Sekwan, telah meluangkan waktu memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan untuk diterapkan di Gowa nantinya.

“Sekali lagi terima kasih, kami puas dapat banyak ilmu dan pengetahuan,” kata Rafiuddin.(*)


BACA JUGA