Delegasi URI, Brook Williams Rose saat berbincang dengan Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu di Ruangan Rektor Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Jumat (06/03/2020)

Kunjungan ke Unhas, University of Rhode Island Tawarkan Kerjasama Program Double Degree

Jumat, 06 Maret 2020 | 22:34 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – University of Rhode Island (URI) menawarkan kerjasama kepada Universitas Hasanuddin (Unhas) mengenai pengembangan program pendidikan yakni blended learning dan double degree. Pertemuan kedua pihak ini berlangsung di Ruangan Rektor Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Jumat (06/03/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Delegasi URI, Brook Williams Rose memperkenalkan kampus URI kepada pimpinan Unhas. Pihaknya menawarkan gelar sarjana, magister, dan doktor pada 80 bidang studi sarjana dan 49 pascasarjana.

Beberapa program studi, diantaranya Seni dan Sains, Bisnis, Pendidikan dan Studi Profesional, Teknik, Ilmu Kesehatan, Ilmu Lingkungan dan Kehidupan, Keperawatan, dan Farmasi, yang tersebar pada 8 kampus utama di Kingston, Rhode Island, Amerika Serikat.

“Kami menawarkan program Master URI dalam bidang Ilmu Lingkungan dan Manajemen (MESM). Mahasiswa Unhas yang tertarik untuk program ini akan mendapatkan sertifikat lengkap dan gelar master URI yang sudah bisa dimulai pada September 2021 dan berakhir Mei 2022,” jelasnya.



Lebih lanjut, Brook juga menjelaskan bahwa sebenarnya Unhas dan URI sudah sering melakukan hubungan kerja sama khusus dalam bidang inbound student maupun kolaborasi riset. Sehingga, Unhas dan URI sebenarnya sudah lama menjalin kerja sama.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengatakan bahwa hal ini merupakan tawaran yang menarik bagi Unhas. Mengingat kampus msrah memiliki kelas Internasional yang membutuhkan banyak mitra sebagai lokasi mahasiswa untuk belajar.

“Kita matangkan dulu konsepnya seperti apa, biaya kuliahnya berapa, sekaligus kita diskusikan bersama proposalnya. Kami tentu terbuka dengan kerja sama seperti ini, karena hal ini mendorong Unhas untuk mendapatkan mitra yang lebih banyak. Sehingga, semakin besar peluang mahasiswa kami untuk memilih universitas luar negeri untuk melanjutkan kuliah mereka,” jelas Dwia.

Delegasi URI diterima langsung oleh Dwia Aries Tina Pulubuhu, didampingi Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas (WRIV) Muh. Nasrum Massi, dan Direktur Pendidikan Unhas, Ida Leida Maria. (*)

*Reporter: Agung Eka