Kunjungan Rombongan Dinas Kominfo Buton Utara ke Dinas Kominfo Gowa, Jumat (6/3/2020)/handover

Studi Banding ke Gowa, Diskominfo Buton Utara Ingin Contoh Pelayanan IT

Jumat, 06 Maret 2020 | 21:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan studi banding ke Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Guna mengintip pelayanan IT yang dianggapnya cukup baik.

Sekretaris Diskominfo-SP Buton Utara, Nasrullah mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Gowa untuk mengetahui program-program yang dilakukan Diskominfo-SP Kabupaten Gowa. Ia berharap ada informasi atau program yang bisa diterapkan di Kabupaten Buton Utara.

“Kunjungan kami dalam rangka mensinergikan program kami di Buton Utara yang mana dalam hal ini kami juga akan menyusun renja atau rencana kerja. Kami melakukan kunjungan studi banding atau studi tiru disini agar apa yang kami dapatkan disini dapat kami sinergikan atau sandingkan dengan Diskominfo Buton Utara sesuai dengan anggaran dan kemampuan kami,” ujarnya saat kunjungan, Jumat (6/3/2020).

Sementara itu, Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni menjelaskan bahwa Diskominfo-SP Kabupaten Gowa dalam menghadapi tantangan global yang pertama dilakukan adalah membangun infrastruktur jaringan.



“Jaringan infrastruktur ini dengan membangun Jaringan Fiber Optik (FO) sepanjang 10 kilometer yang terhubung dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkup Pemerintah Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Selain itu, Diskominfo-SP Kabupaten Gowa juga membangun peace room sebagai sumber informasi dimana peace room ini terhubung dengan CCTV di sejumlah titik di wilayah Kota Sungguminasa.

“Peace room ini akan menghubungkan titik-titik CCTV yang ada di kabupaten termasuk aplikasi-apilikasi nanti yang ada di OPD. Jadi semua aplikasi-aplikasi yang ada di OPD akan terintegrasi masuk dengan peace room. Seperti data kependudukan, rumah sakit, kepegawaian dan lainnya,” tambah Arifuddin.

Tak hanya itu, lanjutnya, saat ini Diskominfo-SP  Gowa juga memiliki Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) yang memiliki program-program acara inovastif sekaligus sebagai media untuk mensosialisasikan program kerja pemerintah daerah agar dapat sampai ke masyarakat.(*)

Reporter: Sandi Darmawan


BACA JUGA