Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Mallagani saat meninjau titik banjir di ruas Jalan Provinsi yang berada di Kelurahan Bontomanai, Kec. Bontomarannu/Jumat (6/3/2020)/handover

Tinjau Banjir di Bontomarannu, Wabup Gowa Harap Pemprov Turun Tangan

Jumat, 06 Maret 2020 | 21:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tidak tinggal diam dengan beberapa ruas jalan provinsi yang digenangi banjir tahunan.

Karaeng Kio sapaan akrabnya, mengatakan bahwa selain curah hujan yang tinggi, banjir tersebut dikarenakan tidak berfungsinya aliran dengan baik di bahu jalan tersebut.

“Kami harapkan pemerintah provinsi bisa melakukan perbaikan gorong-gorong mengingat jalan tersebut merupakan jalan provinsi,” jelasnya saat memantau titik banjir di Kelurahan Bontomanai Kec. Bontomarannu, Jumat(6/3/2020).

Tak hanya itu, kehadiran bangunan-bangunan liar yang tidak berizin juga menjadi salah satu penyebab banjir di Jalan Poros Malino itu. Sebab bangunan di sepanjang jalan provinsi tersebut juga menghambat aliran air.



“Kami harap pemerintah setempat baik lurah maupun camat harus proaktif dalam mengawasi bangunan-bangunan yang daerah tersebut,” tambahnya.

Selain itu ia juga meminta warga Gowa secara keseluruhan harusnya memiliki kesadaram untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang.

“Banjir biasa terjadi akibat kurangnya kesadaran masyarakat yang kadang membuang sampah sembarang tempat. Saya minta kesadaran seluruh masyarakat Gowa harus lebih memperhatikan ini. Kita ada program Sabtu bersih, seharusnya ini dimanfaatkan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut,” tutupnya.

Dalam peninjauan tersebut, Wabup Karaeng Kio didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa, Muh. Mundoap.(*)

Reporter: Sandi Darmawan