Bupati Gowa Tanda Tangani Prasasti Peresmian Space Room A'kio. Senin 9 Maret 2020.

Diskominfo SP Gowa Resmikan Peace Room A’kio jadi Pusat Visualisasi Pemerintah

Senin, 09 Maret 2020 | 13:28 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM – Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persanadingan meluncurkan Peace Room A’kio yang akan berfungsi sebagai pusat Visualisasi instansi pemerintah yang diresmikan langsung oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Senin, (9/3/2020).

Kepala Dinas KominfoSP Arifuuddin Saini mengutarakan bahwa selain sebagai pusat Visualisasi, Peace room tersebut juga berfungsi sebagai alat pengawasan dengan menghubungkan CCTV di 27 titik yang telah terpasang.

“Jadi kita bisa mengawasi semua wilayah melalui peace room tersebut, seeprti di beberapa perempatan, Area publik serta perkantoran instansi,” jelas Arifuddin.

Ia juga mengatakan bahwa program yang berbasis teknologi tersebut dicetuskan setelah melakukan studi banding di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan.



“Jadi ini kita buat berdasarkan hasil studi kita di beberapa wilayah, seperti Pare-Pare bahkan Bandung, dan sekarang kita sudah punya bahkan terbilang terbaik di Sulawesi Selatan dengan layar yang cukup besar,” lanjutnya.

Selain itu, peace room tersebut juga akan dihubungkan dengan pihak kepolisian Kabupaten Gowa untuk melakukan koordinasi apabila terdapat pelanggaran keamanan melalui pantauan CCTV.

” Kita tentu ingin juga agar wilayah kita selalu aman, maka kita koneksikan ke pihak kepolisian agar bila terdapat pengrusakan ataupun keributan-keributan di titik tertentu secepat mungkin akan mudah ditindaki,” tutupnya.

Selain fungsi pengawasan itu, Peace room juga akan menampung laporan-laporan masyarakat melalui nomor pelayanan pengaduan dan selanjutnya akan diteruskan ke instansi masing-masing.(*)

*Reporter: Sandi Darmawan


BACA JUGA