FOTO: Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat membuka Acara MTQ ke 43 di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf, Jalan Masjid Raya, Sungguminasa Kabupaten Gowa/Senin, 9 Maret 2020/Sandi Darmawan/GOSULSEL.COM 

Bupati Adnan Terus Genjot Program Satu Hafidz Satu Desa

Selasa, 10 Maret 2020 | 07:40 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

GOWA, GOSULSEL.COM – Program 1 hafidz untuk satu desa atau kelurahan terus digenjot oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Hal ini tercermin pada pembukaan pelaksanaan MTQ ke 43 tingkat Kabupaten Gowa di di Pelataran Masjid Agung Seyekh Yusuf, Jalan Masjid Raya, Sungguminasa, Gowa Senin (9/3/2020).

Dalam kesemptan itu, Adnan menegaskan akan membumikan Al-Quran di Kabupaten Gowa pada tahun 2020 ini.

Selain dengan diadakannya MTQ ke 43 tingkat kabupaten itu, hal tersebut juga melalui beberapa program yang bertujuan membangun ketaqwaan masyarakat Gowa.

“Pada MTQ ini kita berharap di kabupaten Gowa ini Al-Quran semakin membumi, guna membangun ketaqwaan kita semua” Ungkap Adnan saat menyampaikan sambutan.



Untuk mendorong tujuan tersebut, Adnan juga menyampaikan beberapa program keagamaan yang akan dilaksanakan di tahun 2020 ini. seperti membina para pecinta Alquran di rumah Tahfidz yang akan dibangun di Limbung.

“Pertama, di tahun ini kita akan membangun Rumah Tahfidz di Kecamatan Bajeng Kelurahan Limbung seluas 2 hektare, bekas kantor ketahanan pangan.  Kedua di tahun ini pula kita akan programkan mencetak 1 Hafids 1 Desa, yang berarti anak kita cetak 186 sesuai jumlah kelurahan dan desa yang ada di Gowa ini,” tambahnya.

Selain kedua program tersebut, Ia juga menyebutkan bahwa sejak Januari kemarin pemerintah kabupaten Gowa telah mengirim sebanyak  842 Orang untuk menjadi tahfidz dengan di asuh langsung oleh salah satu Ustadz Kondang Indonesia, Adi Hidayat.

“Dalam kurung waktu 5 tahun nanti semoga mereka yang kita kirim akan menyelesaikan hafalan nya guna dijadikan imam di setiap masjid-masjid yang tersebar di 18 kecamatan,”lanjutnya.

Sementara itu, MTQ ke 43 ini di ikuti oleh 18 kecamatan. Kegiatan ini dijadwalkan akan selesai pada 12 Maret mendatang.

“Maka saya meminta pada dewan juri yang telah diberi amanah, agar memilih orang -orang terbaik kita agar nanti mewakili Kabupaten Gowa pada MTQ tingkat Provinsi di Pangkep mendatang,” paparnya.

Adnan juga menjanjikan kepada setiap pemenang masing- masing lomba hadiah yang menarik.

“Sebagai bentuk apresiasi, para juara nantinya akan kita beri hadiah yang menarik setiap peserta lomba di setiap cabang perlombaan, baik Tahfidz, Tilawah maupun cabang lainnya,” tutup bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini.(*)

Reporter: Sandi Darmawan