Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sensus Penduduk Online yang digelar di Ruang Rapat Sipakatau Kantor Wali Kota Makassar, Rabu (11/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

Sensus Penduduk 2020, Kota Makassar Belum Penuhi Target

Rabu, 11 Maret 2020 | 14:28 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyebut bahwa jumlah pengisi Sensus Penduduk 2020 di Kota Makassar masih dari target. Hal tersebut dikatakannya dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sensus Penduduk Online yang digelar di Ruang Rapat Sipakatau Kantor Wali Kota Makassar, Rabu (11/03/2020).

Sejauh ini, kata Iqbal, kota Makassar masih berada dalam urutan terbawah untuk pengisian Sensus Penduduk 2020. Terhitung baru 7,15 persen dari target yakni 25 persen yang mengisi.

Secara nasional, BPS Pusat mentargetkan tujuh persen warga di Indonesia untuk turut serta dalam Sensus Penduduk 2020 ini. Akan tetapi hingga kini, itu masih jauh target yang ditetapkan.

“Dan targenya secara nasional itu tujuh persen. Di Makassar ini yang sekarang sudah mendaftar online masih sekitar tujuh persen,” ujarnya.



Senada dengan Iqbal, Kepala BPS Makassar Ari Prihandini menjelaskan jika hanya ada 5.716 Kepala Keluarga (KK) yang baru melakukan pengisian. Sementara itu jumlah keseluruhan KK di Makassar yakni 81.259 KK.

“Yang baru mencapai 7,15 persen yaitu sebanyak 5.816 KK yang sudah clear mengisi dari 81.259 kk yang ada di kota Makassar,” jelasnya.

Ini disebabkan lantaran antusias warga dalam pengisian Sensus Penduduk ini terbilang masih rendah. Untuk itu, mereka diminta untuk mengisi data kependidikannya dan menyukseskan program Sensus Penduduk tahun 2020 ini.

“Ditujukan kepada seluruh Indonesia, dan mengakses online dan telah dimulai sejak 15 Februari,” katanya. (*)


BACA JUGA