Sejumlah warga menimbun material pada permukaan jalan yang berlubang di Poros Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Minggu, 15 Maret 2020.

Penanganan Lamban, Kerusakan Jalan HM Yasin Limpo-Poros Pattallassang Semakin Parah

Minggu, 15 Maret 2020 | 16:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM-Ruas jalan HM Yasin Limpo-Poros Pattallassang, Kabupaten Gowa terus dikeluhkan masyarakat. Pemprov Sulsel belum turun melakukan penanganan, padahal kondisi kerusakan jalan tersebut makin bertambah parah saja.

Sebagian besar permukaan jalan sudah berlubang. Baik mulai depan Kampus UIN Alauddin Samata yang jadi titik terparah, hingga depan Pasar Bu’rung-Bu’rung, Kecamatan Pattallassang.

Tingkat kerusakan yang cukup parah itu, membuat pengguna jalan sangat tidak nyaman melintas di Jalan HM Yasin Limpo-Poros Patallassang. Bahkan, ada beberapa warga terpaksa berinisiatif menimbun jalan yang berlubang dengan material.

Salah seorang pengendara, Nurdin menuturkan, dirinya pernah terjatuh akibat motornya terperosok ke dalam jalan yang berlubang. Bukan sekali saja, tapi berulangkali.



“Plek motor saya rusak. Bengkok gara-gara beberapa kali terperosok masuk lubang. Masih beruntung, karena saya tidak luka parah. Hanya lecet saja,” ungkap Nurdin, Minggu (15/3/2020)

Ia lantas mendesak pihak terkait agar secepatnya mengambil tindakan dengan melakukan perbaikan di ruas jalan HM Yasin Limpo-Poros Pattallassang. Apalagi, Jalan HM Yasin Limpo-Poros Pattallassang merupakan jalur ramai. Setiap hari padat kendaraan melintas di jalan ini.

“Mestinya Pemprov Sulsel harus turun memperbaiki. Ini saya lihat sangat lamban,” ucapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Sulsel, Prof Rudi Djamaluddin tak berhasil dimintai tanggapan terkait kondisi kerusakan jalan HM Yasin Limpo-Poros Pattalalssang. Permintaan konfirmasi ke nomornya tak direspon Rudi.

Namun sebelumnya, Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan Provinsi Sulsel, Sirajuddin mengutarakan, bahwa perbaikan ruas jalan HM Yasin Limpo-Poros Pattallassang akan segera dilakukan. Anggaran perbaikannya masuk paket pembangunan.

“Jalan HM Yasin Limpo-Poros Pattallassang masuk program pembangunan. Tahun ini dikerjakan,” tandas Sirajuddin. (*)