FOTO: Bupati Barru, Suardi Saleh
#

Antisipasi Corona, Ini Imbauan Bupati Barru ke SKPD, Lurah-Kades dan Warga

Senin, 16 Maret 2020 | 00:34 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Bupati Barru Suardi Saleh menghimbau kepada aparatur pemerintahan, dan aparatur kelurahan/desa untuk bersama pro-aktif mengantisipasi penyebaran virus Covid 19 atau lebih dikenal virus Corona.

Menurut dia, aparatur desa/kelurahan harus melakukan koordinasi atau sinergitas dengan Puskemas di masing-masing kecamatan jika sewaktu-waktu ada warga yang diduga terjangkit virus Corona.

pt-vale-indonesia

“Saya berharap, segera mengarahkan warga untuk memeriksakan kesehatan jika mengalami gejala sakit. Sakit apapun itu, tetap harus mendapat penanganan medis,” kata Suardi Saleh, Minggu (15/03/2020).

Selain itu, pihak Puskesmas dan RSUD juga harus cepat melakukan penanganan jika ada warga yang diduga terjangkit virus itu. Termasuk menempatkan di ruang steeril untuk menghindari penyebaran ke warga lainnya.

Khusus di perkantoran, Suardi Saleh sudah menginstruksikan semua pimpinan SKPD untuk menyiapkan hand zaniteser atau pencuci tangan untuk menghindari penyebaran virus.

“Mulai besok, semua tempat kerja, terutama di SKPD dan pusat-pusat pelayanan harus menyiapkan hand zanitiser. Siapapun yang ingin masuk, kita harapkan membersihkan tangannya terlebih dahulu,” tandas Suardi Saleh.

Terkait kebijakan untuk menghentikan sementara atau meliburkan aktivitas di perkantoran dan sekolah, pihaknya masih menunggu instruksi pemerintah pusat atau provinsi.

Pihaknya berharap, agar virus ini tidak menyebar di Barru. Meski demikian, ia tetap meminta untuk bersama meningkatkan kewaspadaan, dan tidak panik. Sebab pemerintah terus berusaha semaksimal mungkin melakukan penanganan.

“Saya juga berharap, kiranya yang ingin berpergian ke luar negeri, atau ke kota yang ditemukan sudah ada warga terjangkit virus Corona, hendaknya dipertimbangkan matang-matang. Jika tidak terlalu penting dan mendesak, sebaiknya ditunda sementara,” tambah Suardi Saleh yang punya dua anak berprofesi sebagai dokter.

Sebelumnya, suami dari drg Hj Hasnah Syam ini, juga meminta kepada seluruh  elemen masyarakat untuk tidak panik mengenai penyebaran virus Covid 19.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Barru, meminta kepada warga untuk tetap tetap tenang, dan selalu menjaga kebersihan diri,  dan lingkungan sekitar.

“Kita harus tetap waspada. Tapi saya harap kita jangan panik. Tetap tenang, jaga kebersihan diri dan lingkungan, serta selalu berdoa agar kita bisa dihindarkan dari berbagai penyakit,” imbaunya, belum lama ini.(*)


BACA JUGA