Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah usai konferensi pers di Hotel Four Points by Sheraton, Senin (16/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

Tanggapi Instruksi Jokowi, Nurdin Abdullah Bentuk Gugus Tugas Penanganan Corona

Senin, 16 Maret 2020 | 20:33 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Menanggapi instruksi Presiden Jokowi Widodo, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah juga mulai membentuk gugus tugas untuk penanganan virus Corona atau COVID-19.

Hal tersebut disampaikannya saat Konferensi Pers di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Senin (16/03/2020). Ia mengatakan, bahwa setiap daerah telah melakukan hal yang sama.

“Kita bentuk gugus tugas untuk mencegah virus ini,” katanya.

Gugus tugas ini sendiri dikomandoi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sulsel yakni Syamsibar dibantu oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel dan pemerintah terkait.



“Kami minta kepala BNPB dengan dibantu dinas kesehatan dan beberapa terkait lainnya,” tambah Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Meskipun di Sulsel belum ada orang yang terjangkit Corona, namun pihak pemerintah pusat tetap memerintahkan kepala daerah untuk membentuk gugus ini. Merujuk pada UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Wabah Corona telah masuk kategori bencana non-alam.

Adapun tugas dari gugus ini ialah menerapkan manejemen penanggulangan bencana. Dengan memberikan akses lebih luas dan juga dalam pengerahan sumber daya secara terencana dan terpadu sebagaimana dalam Pasal 50 UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Kata Nurdin, gugus ini akan berkerja sesuai fungsinya dan melakukan berbagai upaya demi mencegah virus Corona menyebar di Sulsel.

“Ini bencana nasional, meski Sulsel kita tahu masih negatif. Kita mendorong untuk proteksi dulu, supaya jangan sampai kita kecolongan,” jelasnya. (*)


BACA JUGA