Karyawan Kalla Group melewati deteksi Thermo Gun untuk mendeteksi gejala suhu tubuh

Kalla Group Terapkan Work From Home Cegah Penyebaran Covid-19

Rabu, 18 Maret 2020 | 10:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM -– Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sudah mencapai tingkatan mengkhawatirkan dengan semakin tingginya angka pasien yang positif. Akibatnya sejumlah tindakan dan kebijakan telah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mencegah semakin menyebarnya virus ini melalui kontak fisik dengan para carrier.

Kalla Group sebagai grup usaha dengan ribuan karyawan mengikuti imbauan pemerintah dengan memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan dan panduan protokol COVID-19 yang mulai berlaku efektif Selasa, 18 Maret 2020, salah satunya kebijakan Work from Home (WFH).

Kebijakan ini sendiri diambil setelah mempertimbangkan tingginya potensi penularan diantara karyawan selama aktif bekerja dan bersinggungan di kantor.

Solihin Jusuf Kalla selaku President Director Kalla Group melalui President Letter menginstruksikan kepada seluruh karyawan untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat.



“Kalla Group Memberlakukan sistem kerja Work From Home secara bergiliran yang jadwalnya akan disosialisasikan oleh Human Capital masing-masing unit bisnis dibawah Kalla Group,” imbuhnya.

Sistem kerja Work from Home sendiri bertujuan untuk menjaga jarak aman bersosialisasi dan mengurangi jumlah interaksi langsung antar karyawan namun tetap menjalankan pekerjaan berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing untuk mendukung pencapaian perusahaan ditengah krisis COVID-19 ini.

“Para karyawan diberikan akses untuk melakukan absensi secara online dan saran penggunaan aplikasi untuk bekerja, berkoordinasi dan meeting jarak jauh sehingga hasil kerja tetap optimal meskipun dirumah,” tambah, Solihin.

Selain Work from Home, Kalla Group juga memberikan beberapa panduan Protokol Work From Office (WFO) untuk mencegah COVID-19 di lingkungan kerja dengan menyediakan hand sanitizer dan antiseptic lainnya di lingkungan kantor, anjuran menjaga jarak aman 1 meter dalam berkomunikasi, meeting, dan makan siang di kantor. Tidak hanya itu, Kalla Group juga meminta karyawan untuk membawa alat makan sendiri dan peralatan ibadah sendiri seperti sajadah dan mukenah.

Seluruh karyawan Kalla Group yang harus masuk kantor sepanjang kebijakan ini berlaku juga diwajibkan untuk melewati deteksi Thermo Gun untuk mendeteksi gejala suhu tubuh. Karyawan yang melebihi suhu tubuh yang dianjurkan akan langsung diperiksa oleh petugas medis untuk mendeteksi gejala lainnya.

Kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk karyawan, namun untuk seluruh tamu di lingkungan kerja Kalla Group.

“Kami juga menyarankan karyawan untuk melindungi diri dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih dengan membersihkan peralatan kantor secara rutin, berolahraga, makan dengan gizi yang cukup, rajin mencuci tangan serta mengurangi kunjungan ke pusat keramaian jika tidak diperlukan,” tutup Solihin.(*)


BACA JUGA