Bakal Calon Bupati Maros Amirullah Nur Saenong (kanan)

Nurani Strategic: Amirullah Nur Penantang Kuat Chaidir dan Harmil di Maros

Rabu, 18 Maret 2020 | 15:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Pertarungan para bakal calon bupati di Maros semakin seru dengan menempatkan nama Chaidir di poisisi atas dan masuknya nama Amirullah Nur di 4 besar survei. Hal ini tergambar dari hasil survei Lembaga konsultan politik Nurani Strategic.

“Secara resmi saya tidak pernah merilis ke publik karena ini bahan internal kami. Tetapi saya tidak membantah melakukan survei soal elektabilitas dan popularitas calon bupati Maros,” kata Direktur Nurani Strategic, Nurmal kepada wartawan saat dikonfirmasi, Rabu (18/3/2020).

Survei ini dilakukan pada tanggal 2 – 7 maret 2020 dengan dengan melibatkan 660 Responden dengan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.

Pada survei ini, tingkat popularitas menempatkan Harmil Mattotorang (71,4%), Chaidir Syam (69,3%), Ilham Najamuddin (59,3%), Suhartina Bohari (57,9%), Amirullah Nur (56,2%), disusul H.Tajerimin (48,2%), Wawan Mattaliu (46,8%), dan Havid Pasha (33,5%).



Sementara tingkat eletabilitas, Chaidir Syam lebih unggul dari Harmil Mattotorang dan menariknya nama Amirullah Nur masuk dalam posisi lima besar mengalahkan Suhartina Buhari.

Elektabilitas Chaidir Syam berada diangka (15,6%), Harmil Mattotorang (12,5%), Ilham Najamuddin (9,7), Amirullah Nur (9,5%), Suhartina Buhari (5,4%) disusul H.Tajerimin (4,4%), Wawan Mattaliu (4,4%), dan Havid Pasha (3,3%).

“Yang tergambar dari survei itu adalah hanya Amirullah Nur yang menjadi penantang kuat Chaidir dan Harmil berdasarkan survei itu,” kata dia.

“Dan kecenderungannya, Amirullah sanggup mengungguli kedua calon tersebut. Apalagi jika Amirullah segera membentuk infrastruktur tim,” imbuh dia.

Masuk pada simulasi paket, pasangan Chaidir Syam – Suhartina (26,8%), Harmil Mattotorang – Ilham Najamuddin (21,6%), Amirullah Nur – Wawan Mattaliu (16,3%), dan H.Tajerimin – Havid Pasha (9,2%).(*)


BACA JUGA