KNPI Sulsel Produksi dan Bagikan Ribuan Hand Sanitizer

Kamis, 19 Maret 2020 | 14:37 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pasien positif Corona Covid-19 di Sulawesi Selatan hingga saat ini masih nihil, namun beberapa toko penjual masker dan hand sanitizer sebagai alat untuk mencegah virus Corona Covid-19 yanh dapaylt menyerang sistem kekebalan tubuh sudah kehabisan stok sejak beberapa hari terakhir.  

Kelangkaan ini mendorong Pengurus Dewan Pimpanan Daerah (DPD) I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan untuk memproduksi hand sanitizer secara besar-besaran yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat, perkantoran dan sejumlah tempat keramaian.

Ketua DPD I KNPI Sulsel, Arham Basmin mengatakan produksi hand sanitizer ini akan bersesuaikan dengan resep yang dibagikan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), sehingga masyarakat atau siapaun nanntinya yang mendapatkan tidak perlu lagi ragu-ragu untuk menggunakannya. 

“Yang meracik ini ahlinya, sehingga benar-benar aman untuk digunakan sehari-hari,” kata Arham Basmin di Sekretariat DPD I KNPI  di Kompleks Ruko Topaz Makassar, Kamis (20/3/2019).



Lanjut Arham produksi hand sanitizer yang dilakukan oleh Pengurus KNPI Sulsel ini tidak hanya berlangsung sekali saja, namun selama masyarakat masih membutuhkan, pihaknya tidak akan berhenti. Adapun sejumlah target awal antara lain tukang bentor, becak, ojek online, penjual asongan dan area perkantoran. 

“Jadi sasaran kami itu masyarakat yang beraktifitas diluar yang hidupnya memang menggantungkan dengan pendapatan harian,” tambah Arham. 

Selain fokus pada pembuatan hand sanitizer, Arham juga akan berupaya mendatangkan masker yang juga sudah langkah ditemukan ditoko, adapun, kata Dia terdapat diperjual belikan di masyarakat dengan harga cukup tinggi, sehingga ituz pihaknya  di KNPI Sulsel akan saling bahu membahu untuk mengadakan masker secepat mungkin.

 “Masker juga ini sasasaranya sama, mereka yang kehidupannya mengantungkan  diluar rumah, misalnya pedagang kaki lima dan penjual dipasar. sebab mereka ini banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat, sehingga sangat penting untuk diperhatikan, mungkin ini tidak terlalu besar nilainya, tapi saya harapkan semoga ada manfaatnya terhadap masyarakat Sulsel,” ujar Arham. 

Sementara itu,  Ketua Komisi Kesehatan, Penanggulangan HIVl AIDS dan Narkotika DPD I KNPI Sulselz Irham Ma”ruf mengatakan pihaknya sudah mulai mempersiapkan sejumlah bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer. 

“semoga hari ini sudah ada yang ready. kita harapkan besok paling telat kami sudah turun membagikan hand sanitizernya di masyatakat,” kata Irham. 

Selain itu, Irham juga akan terus melakukan edukasi kepada seluruh masyatakat  agar tetap dirumah sampai pemerintah menyatakan kondisi aman, kecuali ada hal mendesak sebabtindakan pencegahan paling penting. 

“Memakai alat pelindung diri itu salah satunya  masker dan hand sanitizer bagian dari pencegahan,” tambah Irham.(*)


BACA JUGA