Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat menggelar pasar murah di TTIC Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (19/3/2020)

Mentan Sidak Pasar, Masyarakat Tidak Perlu Panic Buying

Kamis, 19 Maret 2020 | 13:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pastikan stok pangan bahan pokok yang dimiliki hingga saat ini masih dalam jumlah aman hingga menjelang lebaran. Mentan juga lakukan sidak pasar untuk 10 pasar di kota Jakarta serta gelar pasar murah dalam upaya mengendalikan harga dan aksesibilitas dalam memperoleh bahan pangan sehingga masyarakat tidak perlu panic buying.

“Saya sampaikan sesuai dengan hitungan yang sudah kami lakukan Insya Allah 11 kebutuhan bahan pangan dasar cukup tersedia asal masyarakat jangan panic buying,” kata Syahrul saat menggelar pasar murah di TTIC Pasar Minggu, Jakarta, Kamis(19/3/2020).

Syahrul menegaskan bahwa Kementan bersama dengan mitra akan saling bekerja sama dalam menyediakan stok bahan pangan di pasar. Ia juga mengajak semua pengusaha untuk turut tangan dalam menjaga stabilisasi harga di pasar.

“Jangan ada orang atau pengusaha yang mau untung sendiri dan kemudian memberikan kepanikan pada rakyat,” tegas SYL.

Mentan mengungkapkan bahwa gelar pasar murah ini dilakukan untuk memberikan kepastian ke masyarakat jika bahan pokok kebutuhan dasar masih aman dan pasar murah. Nanti akan digelar juga di berbagai daerah di luar Jakarta.

“Hari ini di DKI Jakarta kita gelar pasar murah namun jangan beli berlebihan karena jika kita makan gula berlebihan juga akan berdampak sakit gula,” kata Mentan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengungkapkan jika khusus di DKI Jakarta Kementan nanti akan beroperasi pasar di 49 pasar.

“Namun khusus hari ini kita batasi di 10 pasar terlebih dahulu,” ungkap Agung.

Dalam operasi pasar ini, 3 bahan pokok dasar dijual dengan harga murah yakni Gula sebanyak 2 ton dengan harga Rp12.500/kg, beras sebanyak 2 ton dengan harga Rp8.500/Kg dan telur sebanyak 2,5 ton dengan harga Rp23.000/kg.

Operasi Pasar Murah diselenggarakan di Pasar Kalideres, Pasar Baru Metro, Pasar Kalibaru, Pasar Tanah Abang, Pasar Gondangdia, Pasar Pluit, Pasar Glodok, Pasar Tebet Barat, Pasar Rawa Badak, Pasar Johar Baru dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu.

“Insya Allah dengan operasi pasar ini, kita akan bisa mengendalikan harga khususnya harga gula pasir, telur dan beras. Saya berterima kasih semua berkat kerja keras kita semua,” tukas Agung.(*)


BACA JUGA