#

Cegah Corona, Tim Gugus Bantu Pengawasan di Dua Pelabuhan Barru

Jumat, 20 Maret 2020 | 17:50 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Sehari pasca-dibentuk oleh Bupati Barru Suardi Saleh, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona langsung bergerak menjalankan tanggungjawabnya.

Selain mengintesifkan penyemprotan desinfektan di perkantoran dan pelabuhan, tim yang dipimpin Plh Sekda Barru, Abustan, juga memperketat pengawasan di dua pelabuhan penumpang. Masing-masing di Pelabuhan Garongkong dan Awerange.

“Malam ini tim akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan pada kapal penumpang di Awerange,” kata Abustan kepada Humas Diskominfo Barru, Kamis (19/03/2020) malam.

Sedangkan di Pelabuhan Garongkong, Tim Gugus juga akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan bagi para penumpang, terutama yang turun dari Kapal Ferry Awu-Awu, Jumat (20/03/2020) besok.



“Sebagai tanggung jawab maka Bupati Barru memerintahkan kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona untuk berkoordinasi dan memback up UPP Pelabuhan,” tambah doktor bidang perencanaan ini.

Menurut dia, back up tersebut dilakukan, karena tenaga kesehatan yang dimiliki di UPP sangat terbatas. Sehingga untuk memaksimalkan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan, tim gugus melakukn kerjasama di dua pelabuhan.

Bukan hanya itu, sebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona atau Covid-19 juga sudah melakukan pemantauan ke tenaga kerja di PLTU Lampoko.

“Kemarin tim gugus tugas sudah melakukan pemantauan tenaga kerja di PLTU Lampoko. Dan tadi siang kita sudah rapat teknis dengan melibatkan seluruh manajemen pelayanan kesehatan yang dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Barru (Suardi Saleh),” tambah Abustan.

Bupati Barru Suardi Saleh di tempat terpisah, menegaskan jika pihaknya sangat serius dalam mengantisipasi dan melakukan penanganan virus corona. Ia berharap, penerbitan surat edaran dan himbauan bisa dijalankan semua pihak.

Begitu pun himbauan untuk menutup sementara tempat wisata, bisa juga ditindaklanjuti masing-masing pengelola untuk bersama mengantisipasi penyebaran virus mematikan ini.

“Saya berharap agar semua stakholder bisa bersama-sama melakukan antisipasi penyebaran virus ini. Mohon doa, kerjasama dan dukunganta’ semua. Insya Allah kita bisa,” pungkas Suardi Saleh yang bergerak cepat melakukan berbagai antisipasi.(*)


BACA JUGA