Peduli Masyarakat Umum, Pengurus KNPI Sulsel Bagi-Bagi Hand Sanitizer

Senin, 23 Maret 2020 | 20:53 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR , GOSULSEL.COM–Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel ikut aktif dalam menekan risiko penyebaran virus corona.

Kelangkaan hand sanitizer di pasaran membuat pengurus KNPI Sulsel mengambil langkah pencegahan dengan memproduksi hand sanitizer sendiri.

pt-vale-indonesia

Adapun target yang diproduksi dan akan dibagikan mencapai 1.000 botol lebih untuk tahap pertama.

Hari ke-4 sejak pembuatan hand sanitiser, KNPI Sulsel sudah membagikan 600 botol. Itu dibagikan secara gratis atau cuma-cuma kepada masyarakat, komunitas ojek online, serta petugas kebersihan.

“Kita juga rencanakan akan membagikan di terminal Daya dan Mallengkeri,” kata koordinator relawan tim kesehatan KNPI Sulsel, Farah Pratiwi saat dikonfirmasi, Senin (23/3/2020).

Pada hari pertama, pembagian hand sanitiser ini dipimpin langsung Indira Mulyasari Paramastuti. Itu dilakukan, di Anjungan Pantai Losari. Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb ikut menyaksikan.

“Hari ini masih ada beberapa titik yang akan kita datangi. Sambil membagikan hand sanitiser ini, kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat, untuk social distancing. Sering-sering cuci tangan juga,” tambahnya.

Ketua KNPI Sulsel, Arham Basmin memang sudah menginstruksikan, agar seluruh pengurus KNPI Sulsel, aktif membantu pemerintah dalam mencegah penularan virus corona.

Arham Basmin mengimbau seluruh pengurus DPD II KNPI di 24 Kabupeten dan Kota se-Sulawesi Selatan, untuk aktif dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Caranya, dengan melakukan penyemprotan disinfektan, atau membagikan hand sanitizer di masyarakat. Hal sederhana itu, dianggap mampu menekan penularan virus corona.

“Walau kita dianjurkan untuk stay at home atau tinggal dirumah untuk pencegahan, namun kita juga harus tetap bahu membahu melawan penyebaran virus corona (Covid-19). Hal-hal yang kecil ini memiliki banyak manfaat dan tentunya sangat tidak meberatkan,” kata Arham Basmin di Makassar, Sabtu (22/3/ 2020).

Menurut Arham, generasi muda yang ada di daerah, harus menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat terhindar dari corona. Selain dengan membagikan hand sanitizer dan meyemprotan disinfektan, pemuda juga diminta melakukan sosialisasi, seperti cara memberihkan badan, cuci tangan, serta hal-hal yang tidak boleh disentuh sebelum badan benar-benar steril atau bersih dari bakteri.

Cara membersihkan tangan saja kadang belum banyak yang tahu bagaimana yang benar, nah disini sebagai pemuda penting untuk turun mensosialisasikan. Ini sangat bermanfaat yang tidak butuh modal besar,” ujarnya.

“Namun jika misalnya ada pengurus KNPI yang masih memilik masker agar kiranya dibagikan kepada masyarakat. Atau ada yang dapat membeli membeli dengan jumlah besar agar kiranya dapat disisipkan untuk masyarakat,” tambah Arham. (*)


BACA JUGA