Wakil Ketua III DPRD Rizqiyah Hijaz (Foto: Facebook)

Tangani Covid-19, Waka DPRD Gowa Rizqiyah Hijaz Usulkan Revisi APBD

Rabu, 25 Maret 2020 | 14:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Wabah pandemi Covid-19 semakin meresahkan. Jumlah pasien yang positif terinfeksi virus tersebut juga semakin meningkat di Indonesia.

pt-vale-indonesia

Hal ini membuat pemerintah daerah perlu mengambil langkah cepat untuk mencegah penyebaran virus tersebut di Kabupaten Gowa. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gowa mengusulkan untuk melakukan revisi APBD 2020 yang dananya dapat dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Wakil Ketua III DPRD Rizqiyah Hijaz mengatakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memperbolehkan dilakukannya revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) demi penanggulangan virus Corona.

Dijelaskannya bahwa hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendgari) Nomor 20 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 6 tahun 2020.

“Salah satu alternatif yang bisa kami sarankan adalah mengikuti arahan yang dikeluarkan oleh Mendagri,” katanya.

Menurutnya, pemerintah dapat melakukan revisi APBD dengan fokus untuk meningkatkan kapasitas di bidang kesehatan. Apalagi jika untuk peningkatan fasilitas kesehatan di rumah sakit daerah.

“Revisi APBD untuk penanggulangan wabah virus Corona dimungkinkan. Itu sudah menjadi petunjuk Kementerian Dalam Negeri,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA