Chloroquine

Obat Chloroquine Siap Dipakai Pasien Corona di Makassar

Kamis, 26 Maret 2020 | 15:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Obat berjenis antimalaria bernama Chloroquine atau Klorokuin bakal digunakan oleh pasien positif Corona di Makassar. Penggunaan obat ini disebut telah sesuai standar. 

Hal tersebut dikatakan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat menggelar konferensi persi di Zoom, Kamis (26/3/2020). Kata dia, obat ini rencananya akan menjadi second line untuk digunakan bagi pasien Covid-19 ini.

Baik mereka yang merupakan Orang dalam Pemantauan (ODP, Pasien dalam Pengawasan (PDP), maupun yang telah positif Corona nantinya. Terlebih, Presiden RI, Joko Widodo juga telah mempersiapkan obat. Pasalnya Chloroquine ini telah disetujui penggunannya oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

“Saya pikir itu sudah terstandar, dan itu sudah bisa dipakai. Bahkan Pak Presiden juga sudah setujui,” katanya. 

Apalagi, kata Iqbal, obat ini telah efektif dalan memulihkan kondisi kesehatan para pasien. Uji coba di Jepang telah membuktikan bahwa pasien Covid-19 dapat disembuhkan melalui Chloroquine. Sehingga pemerintah pusat pun turut memesan obat tersebut. 

“Apalagi itukan sudah efektif di Jepang sebagai salah satu obatnya untuk Corona,” tambahnya. 

Apabila nantinya dibutuhkan oleh pasien, obat ini sudah tersedia di Rumah Sakit (RS) Rujukan di Makassar. Meskipun begitu, penggunaa obat ini ditentukan oleh keputusan para dokter yang menangani pasien alias harus ada resep dokter. 

“Yah, itu sudah tersedia,” tutupnya.(*)


BACA JUGA