Penyemprotan tempat umum dan ibadah bersama dengan pemerintah Desa dan TNI POLRI, di Desa Sopa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba
#

Cuka Aren Campur Pewangi Pakaian, Alternatif Masyarakat Desa Sopa Buat Disinfektan

Jumat, 27 Maret 2020 | 17:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Warga Desa Sopa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba melakukan aksi penyemprotan disinfektan untuk mencegah wabah Covid-19.

Di tengah kelangkaan disinfektan, warga Desa Sopa berinisiatif memproduksi disinfektan yang berasal dari bahan baku lokal kampung tersebut.

Mereka menggunakan Cuka Aren sebagai bahan baku, yang tak lain adalah salah satu produk mandiri dari Karang Taruna Desa Sopa. Cuka Aren tersebut mereka campur dengan pewangi pakaian untuk dijadikan disinfektan.



Saat dikonfirmasi via seluler, Nasrullah mengutaran niatannya membuat disinfektan dari Cuka lantaran disinfektan yang sebenarnya tidak lagi ditemukan di pasaran.

“Ia kami menggunakan produk lokal Cuka Aren. Tapi kami tambah zat lain seperti dari Molto,” kata Nasrullah, seorang warga Sopa yang juga merupakan ketua Karang Taruna, Jumat (27/3/2020).

“Jadi setelah kami permentasi Cuka dengan Mollto, kami gunakan disinfektan tersebut untuk penyemprotan tempat umum. Seperti pasar, posyandu, puskesdes hingga masjid,” tambahnya

Untuk diketahui, pada saat pemanfaatan disinfektan hasil olahannya itu, pihaknya melakukan penyemprotan tempat umum dan ibadah bersama dengan pemerintah Desa dan TNI POLRI.(*)

Reporter Bulukumba: Khaerul Fadli