Dirayakan di Rumah, Earth Hour Makassar Ajak Masyarakat Padamkan Listrik Selama Satu Jam

Sabtu, 28 Maret 2020 | 13:58 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Komunitas Earth Hour Regional Makassar akan kembali berpartisipasi dalam Switch Off Makassar Gelap 2020. Kegiatan ini akan digelar pada hari ini, Sabtu (28/03/2020).

Kali ini, tema yang diusung ialah Earth Hour di Rumah. Sesuai dengan temanya, meski saat ini Makassar tengah terjadi pandemi Corona atau Covid-19, namun masyarakat diminta tetap merayakan seremoni ini cukup di rumah. Mereka diminta untuk memadamkan listrik selama satu jam, yakni pada pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat.

Koordinator Kota Earth Hour Makassar, Nanda Irma Aulia Desi Pratiwi menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya Makassar Gelap tahun ini sama tahun sebelumnya. Ialah untuk mengajak masyarakat kota Makassar untuk mematikan lampu selama satu jam mulai pukul 20.30 hingga 21.30.

Ditengah pandemik Covid-19, Earth Hour tetap mengadakan Switch Off kedalam bentuk ajakan dan tidak mengadakan seremonial seperti tahun sebelumnya.
Sebab, pihaknya juga mendukung upaya pemerintah baik pusat maupun daerah untuk tidak mengadakan event yang mengumpulkan massa dalam jumlah yang besar.



“Saya berharap pesan yang disampaikan melalui sosial media bisa lebih dipahami dan dapat lebih tersebar luas, karena sosial media sekarang menjadi tonggak informasi yang dapat tersebar dengan efisien sehingga pesan dan kampanye yang kami lakukan dapat sampai kepada seluruh masyarakat, dan semoga tahun ini Indonesia dapat cepat pulih dari wabah yang sedang melanda kita kemudian kami juga berharap agar masyarakat dapat ikut berpatisipasi dengan cara mematikan lampu selama satu jam yang telah ditentukan,” katanya.

Mengusung tema Earth Hour Di Rumah, selain mengajak masyarakat Kota Makassar untuk melakukan Switch Off dirumah, Earth Hour Makassar juga mengadakan Virtual Event. Nantinya platform Instagram pun digunakan dan menghadirkan beberapa narasumber.

Untuk virtual event ini, adapun beberapa narasumber yang diundang, diantaranya, Adi sebagai Founder Mall Sampah yang akan membahas tentang penggunaan serta recycle dari bahan platik. Turut juga mengundang Zaky dari Komunitas Sepeda Mafixed untuk membahas tentang penggunaan sepeda sebagai alat transportasi di Kota Makassar,

Serta mengundang Andi Tenri Nurafni yang merupakan Miss Earth Sulawesi Selatan. Nantinya ia akan membahas tentang kesadaran untuk menjaga lingkungan disekitar kita.

Earth Hour sendiri merupakan salah satu gerakan yang diinisiasi oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Organisasi konservasi independen yang berfokus pada kampanye global untuk melawan perubahan iklim. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini dapat menghubungi Nanda di nomor 082188182666 dan Ainul di 082393939034. (*)


BACA JUGA