FOTO: Pemberian bantuan alat ventilator yang dilakukan oleh pihak Unhas kepada pihak RS Unhas untuk menangani pasien Covid-19/Sabtu, 28 Maret 2020/Agung Eka/GOSULSEL.COM

Tangani Covid-19, RS Unhas Dapat Tambahan Bantuan Pernapasan

Minggu, 29 Maret 2020 | 08:45 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM  Rumah Sakit (RS) Universitas Hasanuddin kini telah mendapatkan tambahan alat ventilator atau alat nantuan pernapasan. Ventilator diperuntukan untuk menangani pasien Corona atau Covid-19. Tambahan alat ini berasal dari bantuan Unhas sendiri. 

Bantuan ini telah diserahkan kepada pihak RS Unhas, Sabtu (28/3/2020). Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unhas, Budu menjelaskan bahwa ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19.

“Ini alat canggih untuk membantu perbaikan atau bahkan mengambil alih nafas pasien yang berada dalam kondisi henti atau sulit bernafas. Dalam kondisi sekarang, pada penderita Covid-19 yang sudah tahap Respiratory Distress Syndrome atau RDS, ini alat sangat penting,” jelasnya. 

Keberadaan alat ini di Rumah Sakit bisa dikatakan jarang ditemukan. Kalaupun ada, kata Budu, ketersediaannya sangat terbatas.  Sementara akibat pandemi Covid-19, jumlah pasien yang membutuhkan alat ini pada n melonjak. Budu pun berharap ada donatur lain yang bisa menyumbangkan alat seperti ini. Baik untuk RSPTN Unhas maupun Rumah Sakit rujukan lainnya. 



“Semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Kita tidak mengharap sebenarnya kasus berat menimpa para penderita Covid-19 tapi dengan adanya ventilator ini maka akan semakin memberikan harapan hidup bagi penderita dan para dokter semakin percaya diri bisa melakukan upaya terbaik,” sambungnya. 

Sementara itu, Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu, mengatakan, dirinya terus memantau kesiapan Unhas untuk membantu mengatasi masalah ini. Terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, terkhusus di Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kota Makassar, mesti butuh perhatian yang serius.

“Saya dapat laporan, kita ternyata memiliki ventilator yang sangat terbatas.  Padahal, kalau terjadi outbreak, pasien akan melonjak tajam, kita harus siap.  Maka kita segera membantu rumah sakit dengan alat ini. Kita gunakan dana Satgas Covid-19,” katanya.

Tim Satgas Covid-19 Unhas telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah meluasnya pandemi. Salah satunya ialah melakukan langkah pengobatan dan penanganan pasien.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan terhadap Alat Pelindung Diri atau APD, kita juga berpikir untuk mempersiapkan respon jangka panjang. Maka kontribusi masyarakat ini kita siapkan juga untuk mengantisipasi perkembangan situasi. Setidaknya, jika terjadi outbreak, kita telah siap,” kata Prof. Dwia.

Sekadar informasi, ventilator sendiri merupakan mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan seseorang. Melalui alat ini, pasien yang sulit bernapas sendiri akan dibantu untuk mendapatkan udara dan bernapas seperti orang normal lainnya. Hadirnya alat ini diharapkan dapat memperkuat pelayanan kesehatan pada pasien khususnya bagi pasien penderita Corona. (*)


BACA JUGA