#

Lewati Masa Isolasi, Dusun Labungnge Barru Dibuka Kembali

Senin, 30 Maret 2020 | 17:12 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM –  Pemerintah Kabupaten Barru  membuka kembali Dusun Labungnge yang sempat diisolasi selama beberapa hari demi mengantisipasi penyebaran Corona.

Hal ini menyusul setelah tujuh warga di dusun itu yang sempat berinteraksi dengan korban meninggal akibat Corona di Makassar, kondisi kesehatannya dinyatakan sangat baik selama menjalani masa isolasi dan pemantauan atau ODP.

“Hari ini isolasi Labungnge kita buka setelah (ada hasil) pemeriksaan oleh tim kesehatan,” kata Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Barru, Abustan saat melaporkan perkembangan penanganan Corona ke Bupati Barru dan pimpinan Forkopimda di rapat koordinasi, Senin (30/03/2020).

Sebelumnya Dusun Labungnge diisolasi oleh Pemkab Barru setelah ada tujuh warga yang bermukim di wilayah ini pernah berinteraksi dengan salah satu korban meninggal akibat Corona di Makassar. Warga tersebut sempat dimasukkan dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP).



Demi menghindari dan mengantisipasi penyebaran, Pemkab menempuh kebijakan dengan melakukan isolasi atau karantina mandiri bagi semua warga di dusun tersebut. Termasuk para pekerja PLTU yang di wilayah ini.

Akses keluar-masuk pun juga ditutup. Begitu pun selama masa isolasi, Pemkab menanggung kebutuhan sehari-hari warga. Seperti menyalurkan bantuan paket sembako ke masing-masing kepala rumah tangga.

Selama masa isolasi, Pemkab telah melalukan pemeriksaan kesehatan atau screening  kepada semua warga, terutama kepada 7 warga yang masuk ODP. Termasuk melakukan penyemprotan disinfektan di rumah 7 warga tersebut.

Dengan dibukanya kembali Dusun Labungnge, maka status beberapa warga yang sempat menjalani pemantauan, kini tidak dimasukkan lagi dalam ODP. Meski demikian, mereka tetap diminta menghindari beraktivitas di luar rumah dulu.

Selain membuka Dusun Labungnge, di rapat yang dipimpin Bupati Barru Suardi Saleh, dihadiri  Ketua DPRD Lukman T, Wakil Bupati Barru Nasruddin AM, Plh Sekda Abustan, Kapolres Barru Willy Abdillah, Dandim 1405 Mallusetasi Ali Syahputra Siregar, Perwakilan UPP Pelabuhan Garongkong, dan sejumlah Kepala SKPD, juga membahas beberapa langkah lainnya dalam penanganan Corona.(*)


BACA JUGA