30 Imam dusun se-Kabupaten Gowa

30 Imam di Gowa Selesai Ikuti Pembelajaran Hafiz Alquran

Rabu, 01 April 2020 | 19:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Sandi Darmawan - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 30 imam dusun, lingkungan, desa dan imam kelurahan di Kabupaten Gowa, tiba setelah selesai mengikuti pembelajaran Hafiz Alquran di Quantum Akhyar Institute binaan Ustadz Adi Hidayat di Bekasi Jawa Barat.

Para imam dusun, lingkungan, desa dan kelurahan ini tiba di Masjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Selasa (31/3/2020) sekitar pukul 16.00 Wita dan langsung dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap barang bawaan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol mengatakan 30 imam ini telah mengikuti Pembelajaran Penghafal Alquran di ALC Quantum Akhyar Institute Bekasi Jawa Barat selama 60 hari atau dua bulan.

“Mereka telah menjalani proses selama 60 hari terbagi 3 tahapan yakni tahap pertama 10 hari proses pembelajaran memperbaiki membaca Alquran (Takzinul Al Quran), tahap kedua 30 hari proses menghafal Alquran dan terakhir 20 hari proses memperdalam ilmu agama khususnya yang berkaitan dengan Imam,” jelasnya.



Syamsuddin juga menjelaskan bahwa proses pemulangan angkatan pertama ini berjalan sesuai dengan rencana. Pemulangan melibatkan sejumlah pihak, seperti Dinas Kesehatan, Tim ALC QAI Bekasi dan Tim Dinsos.

Sebelum kembali ke rumah masing-masing para imam ini terlebih dahulu juga dilakukan pemeriksaan oleh Tim Kesehatan Pemkab Gowa di Masjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, tidak ada yang dikarantina. Alhamdulillah mereka semua sehat wal afiat semua,” ucapnya.

Sekadar diketahui bahwa program ini merupakan tindak lanjut dari program 1 desa/kelurahan, 1 hafiz yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa pada tahun 2020 yang sudah dikerjasamakan dengan Ustaz Adi Hidayat.

Pemkab Gowa menargetkan dalam waktu 5 tahun akan memberangkatkan seluruh imam dusun, lingkungan, desa dan kelurahan dengan total 843 imam untuk menjadi penghafal Alquran.(*)