Kapal Coral MS Adventure/int

Kapal Australia Batal Sandar di Makassar, Ini Sebabnya

Rabu, 01 April 2020 | 20:55 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kapal Cruise MS Coral yang berasal dari Australia ini dikabarkan bakal kembali sandar di Kota Makassar. Akan tetapi, rencana tersebut dibatalkan.

Kabid (Kabid) Lalu Lintas Laut (Lala) Otoritas Pelabuhan (OP) Makassar, Sirajuddin membenarkan hal ini. Padahal, kapal pesiar tersebut direncanakan berlabuh di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar pada hari ini, Rabu (01/04/2020).

“Kapal tersebut batal untuk singgah di Makassar,” singkatnya saat dihubungi, Rabu (01/040/2020).

Pembatalan ini merupakan keputusan dari pihak Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut. Melalui surat edaran nomor 13 Tahun 20202 tertanggal 26 Maret 2020, mulai ada kebijakan terkait pembatasan akses jalur masuk transportasi laut ke Pelabuhan.



Surat edaran tersebut dikeluarkan menyusul adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Terlebih, Makassar juga telah berstatus tanggap darurat pandemi virus ini, sehingga tak ayal jika keputusan tersebut diambil oleh pihaknya.

“Surat edaran itu berisi tentang pembatasan penumpang di kapal angkutan logistik dan pelayanan pelabuhan, selama masa darurat penanggulangan bencana corona virus disease 2019, atau covid-19,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kapal Coral MS Adventure ini sempat berlabuh di Makassar pada 12 Maret lalu. Pihak OP dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengizinkan kapal tersebut sandar namun harus mengikuti SOP yang berlaku untuk mencegah penyebaran Corona.

Kapal tersebut kemudian lalu ingin kembali bersandar. Namun, ditengah pandemi Corona yang telah merebak ini, pihaknya pun melarang kapal Australia ini datang.

“Dia datang dengan kapal yang sama, tapi penumpang yang berbeda. Tapi itu memang belum pasti,” tambahnya (*)