Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat mengumumkan pembentukan Gugus Tugas Baru Penanganan Covid-19 di Balai Kartini, Kamis (2/4/2020)

Bukan Ditutup, Toko Alaska dan Bintang Tetap Buka Sampai Jam 12 Siang

Kamis, 02 April 2020 | 13:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, bahwa toko yang tidak menjual bahan pokok akan tetap beroperasi. Namun, jam operasional toko dibatasi sampai jam 12 siang. 

Di tengah pandemi Corona atau Covid-19, diketahui retail yang bukan menjual bahan pokok, seperti Bintang dan Alaska masih terlihat ramai pengunjung. Padahal, telah ada imbauan baik dari pemerintah pusat maupun daerah mengenai physical distancing atau jaga jarak. 

Terlebih, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah mengimbau agar masyarakat tidak lagi berkumpul di satu tempat. Ini dilakukan demi mencegah penyebaran Corona atau Covid-19 di Makassar. 

Olehnya, Iqbal mengatakan, bahwa toko yang tidak menjual kebutuhan pokok hanya beroperasi sampai jam 12 siang saja. Sementara itu, retail yang khusus menyediakan bahan pokok bakal tetap beroperasi.



“Sebenarnya tidak ada penutupan toko secara total, untuk toko yang non bahan pokok, kami batasi sampai jam 12 saja,” katanya saat ditemui di Gedung Balai Kartini, Kamis (2/4/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan, para pihak pengelola toko mesti mengutamakan untuk melakukan transaksi via online. Sehingga, masyarakat tetap di rumah dan terus menerapkan physical distancing.

“Kami lebih prioritaskan dia menerima pesanan lewat online,” sambungnya.

Jika memang nantinya para pihak pengelola toko tetap mengindahkan instruksi tersebut, maka ada sanksi berat yang menanti mereka. Iqbal mengancam bakal mencabut izin operasi toko non bahan pokok apabila ketahuan tetap beroperasi sampai melewati jam yang ditentukan. 

“Ya jelas, kita tutup,” singkatnya.(*)


BACA JUGA