Kadishub Makassar, Mario Said saat ditemui di Balai Mutiara, Kamis (02/04/2020).

Hendak ke Makassar, Pemudik Bakal Jalani Prosedur Khusus

Jumat, 03 April 2020 | 13:28 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Menjelang bulan puasa, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar mengantisipasi para pemudik yang hendak ke Makassar. Pasalnya, pandemi Corona atau Covid-19 sudah semakin menyebar.

Untuk itu, pihaknya pun bakal membuat posko di setiap perbatasan kota Makassar. Para pemudik yang hendak ke Makassar terlebih dahulu untuk menjalani beberapa prosedur pencegahan Covid-19.

Prosedur khusus tersebut, meliputi pendataan khusus seperti pengecekan identitas diri, tempat yang akan dituju dan keperluan kedatangan. Tak hanya itu, ada juga pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan desinfektan yang akan dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar.

“Itu supaya kalau ada apa-apa gampang kita deteksi, paling tidak seperti itu dan kendaraannya kita desinfektan,” kata Kepala Dishub Makassar, Muhammad Mario Said saat ditemui di Balai Mutiara, Kamis (02/04/2020).



Rencana tersebut, kata dia, mesti ada kerjasama dari semua pihak demi mencegah penyebaran Corona. Ia pun telah meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) untuk bisa menyiapkan berbagai halnya.

“Itulah saya minta dibuat tim terpadu, mungkin di situ ada Danramilnya, mungkin nanti di situ ada Kapolseknya, Pemerintah Kecamatan, Dishub, Satpol PP dan yang paling penting adalah dari Dinas Kesehatan, utamanya petugas puskesmas,” ucapnya.

Larangan mudik sendiri telah dihimbau langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Pemkot Makassar menyusul pandemi Covid-19 yang kian masif. Olehnya, ia berharap agar pembuatan posko ini bisa segera terealisasi.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat (posko gabungan), tergantung nanti karena saya tidak bisa berdiri sendiri karena inikan menyangkut kesehatan,” katanya. (*)


BACA JUGA