Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar, Ismail Hajiali saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar Balai Mutiara, Senin (06/04/2020).

Diskominfo Makassar Uji Coba Platform Alternatif Pengganti Zoom

Senin, 06 April 2020 | 21:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Platform yakni aplikasi Zoom saat ini digandrungi oleh masyarakat untuk melakukan meeting secara daring. Namun, beberapa hari belakangan ini, ada kabar jika data pribadi bisa bocor ke publik ketika menggunakan aplikasi ini.

Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar melakukan uji coba platform baru sebagai alternatif dari Zoom. Platform tersebut bernama UMeetMe.

pt-vale-indonesia

Kepala Diskominfo Makassar, Ismail Hajiali mengungkapkan, bahwa platform tersebut merupakan karya anak bangsa dari PT. Telkom. Dimana, platform tersebut tidak perlu lagi diunduh seperti aplikasi Zoom.

“Saya ada sebetulnya aplikasi tapi belum kita perkenalkan. Kalau zoom, itukan servernya di luar negeri. Kita punya yg namanya UMeetMe,” jelasnya saat dihubungi, Senin (06/04/2020).

Ia juga mengaku jika penggunaan UMeetMe telah diterapkan di jajaran internal Diskominfo. Hanya saja, pihaknya masih belum bisa menerapkannya secara massal kepada publik. Sebab, masih menunggu persetujuan dari Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb.

“Saya sudah praktekkan di internal kominfo karena bagus secara internal dulu. Nanti kita lihat tergantung pak Wali,” akunya.

Menurutnya, penggunaan Zoom selama ini rupanya bisa berujung pada pembobolan data pribadi pengguna. Beda halnya dengan UMeetMe. Platform ini tidak mengharuskan pengguna untuk login terlebih dahulu. Melainkan bisa memakai akun anonim.

“Kalau ini tinggal langsung di browser, tidak pake login lagi,” tambah Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar ini. (*)


BACA JUGA