Kalla Lines melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh fasilitas dalam armada kapal, ruang akmodasi ABK dan ruangan lainnya di kapal hingga kendaraan operational crew, di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Minggu 31 Maret 2020

Sigap Covid-19, Kalla Lines Perketat Kebersihan Fasilitas Kapal

Senin, 06 April 2020 | 17:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Maraknya penularan virus Covid-19 yang meresahkan masyarakat membuat Kalla Lines ikut andil dalam menjaga kebersihan dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh fasilitas dalam armada kapal, ruang akmodasi ABK dan ruangan lainnya di kapal hingga kendaraan operational crew, di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Minggu 31 Maret 2020.

Kalla Lines yang merupakan perusahaan bergerak di bidang pelayaran/pengiriman kendaraan melalui kapal Roro sejak tahun 1989 dan telah memiliki beberapa kapal angkut yang siap melayani pengiriman logistik kendaraan dengan kapasitas angkut bervariasi mulai dari 500 hingga 700 unit mobil untuk satu kali perjalanan, dengan tujuan Jakarta – Makassar – Balikpapan.

Tak hanya proses layanan cepat, dari sisi keamanan kendaraan di atas kapal menjadi perhatian utama Kalla Lines. Dimulai dari memastikan posisi dan jarak antara kendaraan, memastikan lasingan atau pengikat roda kendaraan terpasang dengan erat di setiap sisi, serta menjaga kapasitas muat angkut yang ideal sesuai standard keamanan pelayaran.



Dengan maraknya wabah penularan virus Covid-19, membuat manajemen Kalla Lines semakin aktif menjaga kesehatan crew serta petugas bongkar muat dengan mewajibkan penggunaan masker, sarung tangan, memberikan asupan vitamin tambahan kepada seluruh crew hingga menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area layanan dan aktifitas crew.

Sementara itu, jauh sebelum dinaikkan status Covid-19 menjadi pandemi oleh WHO, layanan Kalla Lines memang sudah menerapkan pelanggan untuk ”Anda tetap di rumah saja, biar Kalla Lines yang menangani pengiriman kendaraan Anda dengan aman hingga ke tempat Anda”. Dengan Integrated Kalla Logistics yang memiliki model layanan terintegrasi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan bisnis korporat (B2B) saja namun juga dapat dinikmati secara perorangan (B2C).

Layanan ini diwujudkan karena semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan layanan logistic yang terpadu dan menyeluruh (door to door services).

Menurut Jamal Manrafi Daud selaku Operation Departement Head Kalla Lines, ”Sebelum memulai aktifitas bongkar muat, hal pertama yang kami lakukan adalah mengukur suhu tubuh crew dengan thermoscanner, melengkapi masker dan sarung tangan serta konsumsi vitamin tambahan agar stamina setiap crew dipastikan siap sebelum melaukan aktifitas operasional. Kami juga menambah fasilitas kebersihan seperti tempat pencuci tangan dengan sabun yang ditempatkan di pintu keluar dan masuk kendaraan serta mengistruksikan kepada seluruh crew yang bertugas untuk tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun setiap 20 menit sekali,” ujarnya.

Menurut Muhammad Naim Selaku Chief Operation Officer Kalla Lines, di kapal juga telah disiapkan kamar/ruang isolasi khusus dan prosedur penanganan Covid-19 sesuai standar Hubla/WHO dan ABK/Karyawan telah disuplay Multivitamin untuk dikonsumsi harian.

Lebih khusus, Kalla Lines tetap mengimbau kepada seluruh Karyawan/ABK agar dalam menjalankan aktifitas bongkar muat senatiasa menjaga pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi serta menjaga Jarak dalam beraktivitas.

”Kesehatan dan Keselamatan adalah prioritas utama” dan secara berulang menyampaikan pesan singkat melalui group WA untuk senantiasa meningkatkan kwalitas dan kuantitas ibadah serta selalu memanjatkan doa kepada Alla SWT sebelum dan sesudah beraktifitas supaya berkah, bernilai Ibadah dan semoga mendapat perlindungan dari Allah SWT. Hal tersebut telah menjadi rutinitas di Lingkup Kalla Group. Insya Allah dalam suasana Pembatasan kegiatan karena Covid-19, kami tetap optimal hadir memberikan pelayanan kepada pemakai jasa Kalla Lines tanpa menurunkan standar kualitas,” tutupnya.(*)


BACA JUGA